BIPRA Sinode GMIM Tanam 200 Bibit Pohon di Sumber Mata Air Tounelet Sonder

0
1593

GMIM.or.id – Sabtu (16/07) bertempat di Jemaat GMIM Sion Tounelet, Sosialisasi Aksi/Kampanye Kelestarian Lingkungan Hidup untuk Rayon Minahasa sukses digelar.  Diawali dengan penanaman 200 bibit pohon dilokasi mata air Desa Tounelet  dan Tounelet II, program lintas BIPRA Sinode GMIM ini disambut baik Badan Pekerja Majelis Wilayah Sonder.

Anggota BPMW Sonder Pnt. Michael Mait, SKom, didampingi Sekretaris BPMW Pnt. Herry Joseph mengatakan, pihaknya sangat bersyukur ketika Wilayah Sonder dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan peduli lingkungan tersebut. “Program ini mau memberi penegasan kepada kita bahwa BPMS GMIM melalui BIPRA Sinode peduli dengan lingkungan hidup, tempat  kita sebagai warga gereja dan masyarakat tinggal. Lokasi ini (mata air) akan dijadikan taman Desa. Dengan demikian program ini sekaligus  adalah sinergitas antara Gereja dan Pemerintah dalam kepedulian terhadap lingkungan hidup,” jelas Mait. 

Sementara itu, Ketua Komisi Pelayanan Pria/Kaum Bapa Sinode GMIM Pnt. Ir. Stefanus BAN Liow mengungkap, awalnya program ini digagas oleh W/KI Sinode GMIM dan ditindaklanjuti sebagai program lintas BIPRA Sinode GMIM, setelah diputuskan dalam SMST Ke-28 GMIM. “ Hal ini juga menampakkan bahwa GMIM bukan hanya sekedar berkhotbah, tapi mewujudkan di lapangan, kepada jemaat, dengan implementasi program diakonal diantaranya di bidang lingkungan hidup ditandai dengan penyuluhan, sosialisasi dan diskusi, bahkan dengan penanaman bibit pohon kayu,” kata Liow. 

Senada dengan Liow, Anggota Komisi W/KI Sinode GMIM Pnt. DR. Ir. Linda Rumengan-Lapian, M.Si mengatakan, lewat program ini, warga gereja dan masyarakat diingatkan betapa penting menjaga kelestarian lingkungan hidup. “Untuk bulan Juli ini, kami melaksanakan di tiga tempat. Hari ini (16/07) di Jemaat Sion Tounelet Wilayah Sonder dan Jemaat Kineret Urongo Wilayah Tondano Tiga. Sabtu (23/07) kami melanjutkannya di Jemaat  Sion Lobu Wilayah Tombatu Barat,” pungkasnya.

Usai penanaman pohon, seluruh peserta dibekali dengan materi mengenai lingkungan hidup dan pengelolaan sampah oleh DR. Evly Liow, SE, M.Si. Tampak hadir dalam kegiatan ini, Ketua BPMJ Sion Tounelet Pdt. Gabby Walangitan MTh, Hukum Tua Desa Tounelet Evry Mandagi, Pnt. Hendry Paendong Pnt. Jendry Kasenda, dan Pnt. Jerry Tambuwun, Panji Yosua P/KB GMIM beserta undangan lainny.

 (Penulis dan Foto: Frangki Noldy Lontaan. Editor: Pdt. Janny Ch. Rende, M.Th)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here