GMIM dan Haggai Institute Jalin Kerjasama Pelatihan Kepemimpinan

1
3913

GMIM.or.id – Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa dan Haggai Institute padaTanggal 20 Oktober menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) di Yogyakarta. GMIM ditandatangani oleh Ketua BPMS Pdt. DR. Henny W.B. Sumakul dan Haggai Institute oleh Pimpinan Dewan Pengurus Nasional Indonesia Haggai Institute, Filemon Koweho. Juga turut bertandatangan Penasihat Ikatan Alumni Haggai Institute (IHAI)  Sulawesi Utara DR. Paula Lumentut-Runtuwene dan Ketua IHAI Manado Novia Lambey. Pokok Kerjasama kedua lembaga meliputi pelatihan kepemimpinan pada berbagai jenjang pelayanan GMIM dengan tenaga pelatih yang disiapkan Haggai Institute.

Sekretaris Departemen Hubungan Kerjasama Sinode GMIM Pdt. Melki Tamaka STh, mengatakan Haggai Institute adalah sebuah lembaga penginjilan yang mengkhususkan pada program pelatihan kepemimpinan.  “Diharapkan melalui pelatihan kepada para pemimpin kelembagaan gerejawi, mereka dapat memberikan influence atau pengaruh kepada yang dipimpin atau yang dilayani. Pengaruh tersebut tentunya ditularkan melalui sikap yang dapat diteladani”, ujar Pdt. Melki yang ikut mendampingi Ketua BPMS dalam penandatangan MoU di Yogyakarta.

Pdt. Melki menambahkan, salah satu materi yang ditekankan dalam pelatihan menyangkut Integritas. Seorang pemimpin haruslah mampu hidup berbuat dan melayani sesuai apa yang dikatakannya. Intinya, pelatihan hendak mengarahkan peserta pada kepemimpinan yang memberi pengaruh yang positif kepada jemaat dan masyarakat sesuai nilai-nilai kristiani. Selanjutnya pemimpin harus memiliki rencana sebagai “Goal Setting” atau target dan tujuan yang dapat dicapai setahun di depan.

Untuk tahun 2016, kerjasama GMIM dan Haggai Institute akan dilakukan melalui pelatihan, mulai dari para vikaris pendeta, pendeta, juga kategorial BIPRA mulai dari aras jemaat, wilayah dan sinode.

Pelayanan Haggai Institute sebenarnya telah dilaksanakan sejak era tahun 1990-an dengan peserta antaranya Pdt. Johan Manampiring. Alumni lainnya Pdt. Janny Rende MTh dan Pdt. Petra Rembang MTh. Selanjutnya Pdt. Roy Tamaweol ThM yang mengikuti Diklat di Singapura, Pdt. DR. Albert Supit, STM dan Ketua BPMS  Pdt. H.W.B. Sumakul yang mengikuti Pelatihan langsung di Maui Hawai USA, pusat Haggai Institute. (***)

( Penulis : Pdt. Heski Manus, M.Th; Editor : Pdt. Janny Rende, M.Th)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here