HUT ke-81 GMIM Bersinode, Perbedaan adalah Kekayaan, Roh Kudus Mempersatukan

0
2998

GMIM.or.id – Warga Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) dari 110 Wilayah dan 935 Jemaat , pada hari Rabu (30/9) siang memadati Stadion Maesa Tondano untuk mengikuti Ibadah Agung HUT Ke-81 GMIM Bersinode. Ibadah Agung tersebut dipimpin oleh Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. Henny William Booth Sumakul.  Melalui khotbahnya, Pdt. DR. HWB Sumakul mengingatkan pimpinan gereja dalam hal ini para pelayan khusus terlebih para pendeta untuk memaknai momentum HUT ke 81 GMIM bersinode ini dalam peningkatan semangat pelayanan. “Ketika kita merayakan HUT Ke-81 GMIM Bersinode, ada beberapa hal yang perlu dikedepankan disini, terutama leadership di gereja ini. Jika kita melayani asal-asalan, pasti hasilnya juga asal-asalan. Kalau kita melayani karena didorong oleh nilai sekuler, seperti moralitas sekuler, finansial yang diplintirkan, yang mendeviasi akan pelayanan gereja Tuhan, pasti hasilnya akan sangat jelek,” ungkap Sumakul lewat khotbahnya.

Pdt. Sumakul mengharapkan para pelayan Tuhan untuk tekun dalam pelayanan, tidak terpengaruh pada promosi jabatan struktural apalagi terdorong hanya karena nilai-nilai sekuler. Dan mereka yang telah duduk di jabatan struktural, kiranya mampu mengfungsikan jabatan tersebut untuk kemuliaan Tuhan dan untuk pertumbuhan GMIM. Pdt. Sumakul mengatakan, biarlah kita berlomba-lomba melayani Tuhan, karena Tuhan melihat hati kita yang sungguh melayani Dia. “Tentang promosi-promosi struktural, nanti Tuhan yang sediakan. Lebih dari itu Pdt. Sumakul mengajak warga GMIM untuk tetap satu dalam perbedaan, bergandengan tangan memuliakan Tuhan dalam pelayanan GMIM. Jangan sia-siakan hidup pemberian Tuhan, melainkan gereja terpanggil untuk senantiasa memanivestasi karunia yang Tuhan anugerahkan. Jangan jadikan GMIM sebagai gereja yang ekluistik atau menyendiri, melainkan melalui pelayanan jemaat diajak untuk mampu menjadi garam dan terang dunia. Ketika kita berusaha dengan tekun sampai akhir, Tuhan pasti menyediakan.

Ditegaskan oleh Pdt. Sumakul, jabatan struktural tersebut harus difungsikan untuk kemulian Tuhan,  dan untuk pertumbuhan Gereja Masehi Injili di Minahasa. Jangan duduk distruktur, tapi tidak berfungsi.  Selain itu, Pdt. Sumakul mengajak warga GMIM untuk menyatukan semangat melayani Tuhan dalam perbedaan. Dikatakannya, perbedaan adalah kekayaan, Roh Kudus adalah yang mempersatukan kita untuk datang menyembah Kristus. Bersatu padu, dan  terpanggil untuk merealisasikan, memanifestasikan karunia yang Tuhan anugerahkan kepada warga GMIM, karena kita semua adalah Garam dan Terang Dunia.

Dalam rangkaian ibadah agung tersebut dilaksanakan pengutusan bagi Ketua Komisi Pelayanan Pria/kaum Bapa Sinode GMIM  Pnt. Ir. Stefanus Berty Arnikotje Nicolaas Liow yang telah dilantik pada hari Selasa (29/9) sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI utusan Sulut. Selain pengutusan Pnt. Stefanus B.A.N. Liow, dilaksanakan juga pengutusan kandidat Calon Gubernur Sulut yakni Olly Dondokambey dan Steven Oktavian Kandouw, yang pada kesempatan lalu tidak sempat menghadiri ibadah pengutusan yang digelar di kantor Sinode GMIM.

Usai Ibadah Agung dilanjutkan dengan Lomba Pawai Pelayan Khusus dan jemaat se-GMIM. Seperti diketahui, sejumlah kegiatan digelar dalam rangkaian HUT ke-81 GMIM bersinode tahun 2015 antara lain GMIM EXPO didalamnya ada pameran dari masing-masing wilayah se-GMIM, Lomba Paduan Suara Pelayan Khusus Wilayah se-GMIM, Lomba Tarian Rohani Remaja, Lomba Band Rohani Pemuda serta lomba Paduan Seuar SD/SMP,SMA/K se-Sinode GMIM.

(Penulis:  Frangki  Noldy Lontaan/Verna Dotulong.  Editor: Pdt. Janny Ch. Rende, M.Th) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here