Ketua BPMS : Tuhan Tetap Menyediakan Semuanya

0
2981

GMIM.or.id – Untuk evaluasi, sosialisasi dan rencana kegiatan di bidang Perbendaharaan, dilaksanakan Rapat kerja perbendaharaan yang berlangsung pada Tanggal 14, 16, 17 dan 21 September di Aula Kantor Sinode GMIM. Raker dipimpin oleh BPMS, Ketua, Wakil Ketua Bidang Sumber Daya, Bendahara dan Wakil Bendahara. Peserta yang dibagi dalam 4 gelombang berdasarkan rayon, berasal dari unsur Ketua, Sekretaris dan Bendahara BPMJ se-GMIM. Setiap pelaksanaan Raker dirangkaikan dalam suatu ibadah yang dilayani oleh beberapa Sekdep pada hari yang berbeda. Presensi dipandu Wabend Sym. Dra. Adriana Dondokambey MSi.

Dalam pengantar rapat pada Tanggal 17 september, Ketua BPMS Pdt. DR. H.W.B. Sumakul menyatakan syukur pada Tuhan Yesus Kepala Gereja karena program pelayanan GMIM dapat berjalan dengan baik. Ada tantangan dan kesempatan yang dihadapi sebagaimana hakikat gereja yang tak luput dari pasang surut kehidupan. “Kita juga menyadari realitas gereja yang bersentuhan dengan perbendaharaan, harta, keuangan, pembiayaan di mana Tuhan tetap menyediakan semuanya”, ujar Pdt. Sumakul. Hal yang patut disyukuri, tambah Pdt. Sumakul, ada komitmen jemaat-jemaat untuk menunjang Gerakan 1 Triliun. Secara khusus ia menyebutkan Jemaat Patmos di Wilayah Bunaken yang telah menyetor 10 Juta untuk komitmen menopang G1T.

Sehubungan peningkatan belanja, antaranya karena tekad GMIM dalam mengirim misionaris-misionaris atau TUG ke beberapa daerah di Indonesia, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada 34 orang yang telah dikirim, bahkan 1 orang bersama isteri dan anak-anak. Semua biaya ditanggung sinode. “Kita menghidupkan lagi semangat PI pada awal abad 20. GMIM ada karena PI, dan tugas PI menjadi utang GMIM dalam pelayanannya”, pungkas Ketua BPMS.

Di tempat yang sama Bendahara BPMS Sym. Recky J. Montong MTh menyampaikan adanya peningkatan sentralisasi dari jemaat-jemaat, juga penyesuaian biaya hidup golongan 2 dan 3 sebesar 10% dan golongan 4 sebesar 15%. Bendahara juga menginformasikan adanya pembangunan gedung eks KUD Inspirasi yang diperuntukkan bagi pusat kewirausahaan. Lantai 1 untuk perkantoran Yayasan, bank, dan lantai 2 bisnis center, kafetaria. Gedung tersebut akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pelayanan dan kewirausahaan. “Selain pembangunan fasilitas gedung, pembiayaan diarahkan untuk pengadaan  beberapa lahan atau lokasi yang strategis,” tambah Sym. Montong.

Penyampaian lain dari Wakil Ketua BPMS Pdt. Petra Rembang MTh menyebutkan pos-pos pendapatan dari Bidang Pengembangan Sumber Daya, antaranya kerja sama dengan Bank Sulut. Bantuan Bank Sulutgo berupa fasilitas kredit, undian, pinjaman perorangan, dana CSR untuk bantuan kegiatan jemaat-jemaat. Lanjut Pdt. Petra, GMIM sedang bekerjasama dengan perusahaan yang bekerja di bidang perumahan. Rumah siap huni ini akan diperuntukkan bagi pendeta-pendeta.

“Mudah-mudahan pada Tanggal 30 September 2015 akan diresmikan 2 rumah contoh untuk tahap pertama  dari total 120 unit, bersebelahan dengan Griya Paniki Indah Manado. Direncanakan tiap kota/kabupaten akan memiliki lokasi perumahan sesuai pilihan tinggal. Tahun depan akan dibangun di Minahasa Selatan,” ujar Pdt. Rembang. Ia menambahkan adapun dana hasil kerjasama dengan Kimia Farma telah ikut membantu penyelesaian masalah di beberapa Rumah Sakit GMIM. Khususnya RS Pancaran Kasih sedang dibangun gedung 6 lantai. Salah satu lantai akan siap digunakan untuk tempat sidang seksi SMST Ke-28 di Wilayah Manado Titiwungen.

Sesudah pemaparan dari BPMS, para peserta raker diberi kesempatan mengajukan pertanyaan, pendapat dan usulan oleh Moderator Sekdep Perbendaharaan Andy Tjakra. Beberapa penanggap, antaranya Ketua BPMW Tumpaan Pdt. Heski Manopo MTh, Ketua BPMW Likupang 2 Pdt. Weldat Rintjap MTh, Ketua BPMW Amurang 1 Pdt. Lendy Umboh MTh, Ketua BPMJ Lelema Wilayah Tatapaan Indah Pdt. Hanny Montolalu STh, Ketua BPMJ Aergale Wilayah Sinonsayang Pdt. Vicky Dondokambey STh, dan Ketua BPMW Tanawangko 1 Pdt. Christofel Mengko STh.

Penulis: Pdt. Heski Manus, Editor: Pdt. Janny Ch. Rende

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here