KETUA MAJELIS SINODE GKPI KUNJUNGI GMIM

0
2022

GMIM.or.id – Di tengah semangat oikumenis antar gereja-gereja di Indonesia, Ketua Majelis Sinode Gereja Kristen Pemancar Injil (GKPI) mengunjungi Kantor Sinode GMIM (Senin, 9 Mei 2016). Ia dijadwalkan menandatangani MoU dengan Ketua BPMS GMIM Pdt. DR. H.W.B. Sumakul yang mencakup beberapa bidang pelayanan.

Kepada gmim.or.id Ketua Sinode GKPI Pdt. Pangeran R. Wusak M.Div mengungkapkan kegembiraan dapat mengunjungi Tomohon, setelah kunjungannya terakhir saat Sidang Raya DGI Tahun 1984.  Menurutnya GMIM merupakan gereja dewasa mandiri yang dikaruniakan kemampuan untuk melaksanakan panggilan misioner bagi gereja-gereja lain di Indonesia.

GKPI sendiri adalah gereja yang berdiri pada 13 Mei 1957 di Kalimantan. Kantor sinode berada di Kota Tarakan, dengan konsentrasi pelayanan di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. Jumlah anggota 20.174 jiwa yang tersebar di Nunukan, Malinau, Tanah Tidung, Balikpapan, Samarinda dan Bontang. Tenaga pendeta dan guru Injil 114 orang, kini memiliki 76 jemaat dan 22 pos pelayanan. Sebagian besar jemaat berasal dari suku Dayak Lundayeh dan Agabag.

Ditanya pokok kesepakatan yang akan diusulkan, Pdt. Wusak menyebutkan adanya pertukaran Tenaga Utusan Gerejawi (TUG) serta bantuan GMIM dalam menyediakan tenaga pendeta, juga tenaga hukum, pertanian dan kesehatan.

Dalam kunjungannya ini Pdt. Wusak sempat memimpin ibadah minggu di Jemaat GMIM Victori Tompaso Baru 1 pada Minggu (8/5). Ia juga didampingi Pdt. Barnabas Sumampouw, seorang pendeta asal Minahasa yang melayani di GKPI sejak Tahun 1996. ///

( Penulis : Pdt. Heski Manus, M.Th; Editor : Pdt. Janny Rende, M.Th)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here