MTPJ 17 – 23 Juli 2016

1
5311

TEMA BULANAN: “Penginjilan, Pendidikan dan Pengucapan Syukur Sebagai Sarana Kesaksian Gereja”
TEMA MINGGUAN: “Bersyukur Atas Berkat Tuhan”
Bahan Alkitab : Mazmur 65 : 2 – 14
ALASAN PEMILIHAN TEMA

Menjadi suatu kebanggaan bagi umat yang telah dipilih oleh Tuhan, karena dengan kasih-Nya Dia rela menebus dosa dan memberi keselamatan disertai berkat-berkat berkelimpahan serta hidup yang kekal. Alangkah indah hidup diberkati Tuhan. Dalam segala kelemahanpun Tuhan tetap menunjukkan kasih dan kuasa-Nya serta memberkati umat yang dikasihi-Nya, oleh sebab itu tidak ada alasan bagi orang percaya untuk tidak bersyukur. Karena itu tema: “Bersyukur Atas berkat Tuhan” diangkat sebagai tema kita di sepanjang minggu ini, disamping itu dengan tema ini, mau mengingatkan kita bahwa tidak ada satupun di dunia ini yang dapat memberikan kepuasan dan kelegaan selain kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah. Sebab ketika kita hidup dalam Tuhan dan tetap bersyukur pada-Nya maka Dia selalu mendengar dan menjawab doa kita, karena itu jadilah kita pribadi-pribadi yang terus bersyukur karena berbagai berkat yang dikaruniakan-Nya, di tengah keluarga, jemaat dan masyarakat.

PEMBAHASAN TEMATIS
Pembahasan Teks Alkitab (Exegese)
Mazmur 65:2-14

Kitab Mazmur  termasuk kitab yang paling terkenal dalam Perjanjian Lama. Dalam kitab ini ada dua unsur yang ditonjolkan yakni pujian kepada kemuliaan Tuhan dan perasaan perse-kutuan dengan-Nya. Disamping itu kitab Mazmur, dikatakan sebagai kitab pujian dan doa untuk mensyukuri berbagai berkat Tuhan dan bagaimana menjalani hidup sebagai orang beriman, juga nyanyian pujian untuk pertolongan Allah dan doa yang menyatakan kepercayaan umat. Karena itu apabila mendalami isi dari kitab Mazmur, maka akan didapat, ada Mazmur pujian, pengucapan syukur, ziarah, kemenangan serta berkat dan kutuk.

Mazmur 65:2-14 merupakan Mazmur ungkapan syukur dan pujian kepada Tuhan, yang diungkapkan oleh penulis saat perayaan pegucapan syukur karena tindakan dan kemurahan Allah terhadap umat-Nya. Dalam bacaan ini Daud percaya Tuhan akan mendengarkan setiap permohonan umat-Nya (ayat 3), bahkan mengampuni setiap kesalahan (ayat 4). Oleh sebab itu umat harus merespon dengan menepati nazar yang telah diucapkan dalam arti umat harus menepati janji untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Daud memuji Allah, karena Ia telah menjawab doa umat-Nya, berlaku adil, sehingga semua orang takut dan bersorak-sorai untuk kasih karunia yang dinyatakan-Nya (ayat 6-9). Tuhan bukan hanya menjawab doa tetapi kasih dan kebaikan-Nya dinyatakan melalui tanah yang subur, panen yang berlimpah, serta memberkati bumi ciptaan-Nya. Sehingga umat bersukacita dan bersorak-sorai kepada Tuhan (ayat 10-14). Daud telah mengalami berbagai hal dalam kehidupannya tetapi bukan berarti Daud meninggalkan Tuhan, tetapi justru lebih mendekatkan diri kepada-Nya serta terus menyerahkan  hidupnya pada Tuhan, yang terus melimpahkan kasih karunia-Nya bagi Daud.

Makna dan Implikasi Firman

Mazmur 65 merupakan nyanyian syukur Daud atas pengalaman hidupnya bersama Tuhan. Dengan demikian firman ini mengajarkan kita untuk senantiasa hidup bersama Tuhan. Dalam Tuhan pasti ada jalan keluar untuk setiap persoalan. Tuhan selalu setia mendengar doa permohonan umat-Nya, oleh sebab itu jangan kita sungkan datang pada Tuhan. Setiap doa permohonan akan dijawab Tuhan, tetapi kita juga harus mengu-cap syukur pada-Nya. Kasih karunia Tuhan selalu dinyatakan dalam perjalanan hidup yang kita lalui. Allah selalu setia dalam janji-janji-Nya.

 Gereja sebagai persekutuan orang percaya terpanggil untuk dipakai Allah menjadi alat-Nya, sehingga dunia percaya dan memuji serta memuliakan Tuhan. Allah hadir dalam kehidupan orang percaya dan kehadiran-Nya terus teralami melalui berkat-berkat yang dinyatakan, apakah  berkat dalam pekerjaan yang kita jalani, berkat dalam pendidikan yang kita tekuni, berkat melalui lahan pertanian yang kita olah ataupun berkat-berkat lain yang dianugerahkan oleh Tuhan bagi kita. Oleh sebab itu sebagai orang percaya kita diingatkan untuk tetap bersyukur atas berkat yang Tuhan karuniakan bagi kita. Dan jika berkat-berkat yang kita harapkan belum menjadi bagian kita, janganlah menjauh dari Tuhan dan bersungut-sungut, tetapi mari kita terus cari Tuhan, mendekatkan diri pada Tuhan dan tetap bersyukur pada-Nya, agar kehidupan kita tetap dan terus dipelihara dan diberkati oleh-Nya. 

PERTANYAAN UNTUK DISKUSI:       

  1. 1. Apa yang saudara pahami dan mengerti tentang tema: Bersyukur atas berkat Tuhan menurut bacaan kita saat ini!
  2. Berikan contoh bentuk-bentuk berkat yang kita alami dan bagaimana kita mensyukurinya dalam kehidupan kita sehari-hari. 

NAS PEMBIMBING: Mazmur 107:1-3 

POKOK-POKOK DOA:

  • Warga gereja untuk tetap bersyukur dalam situasi apapun
  • Pemerintah tetap berlaku adil bagi semua lapisan masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan berbagi sumber daya sebagai anugerah Tuhan

TATA IBADAH YANG DIUSULKAN: HARI MINGGU BENTUK III 

NYANYIAN YANG DIUSULKAN :

Nyanyian Masuk : NNBT No. 1 Pujilah Dia, Pujilah Dia

Ses Nas Pemb/Nyanyian Masuk: Bapa Sorgawi

Ses Pengakuan Dosa  & Pemberitaan Anugerah Allah: NNBT No.9 Ku Akan Selalu Bersyukur

Ses Doa Pemb Alkitab : KJ No. 49 Firman Allah Jayalah

Ses Pembacaan Alkitab: NNBT No. 17 Ya Tuhan, Tuhan Kami

Ses Pengakuan Iman : KJ No. 293 Puji Yesus

Persembahan : KJ No. 289 Tuhan Pencipta Semesta

Nyanyian Penutup: NNBT No. 20 Kami Bersyukur PadaMu Tuhan

ATRIBUT YANG DIGUNAKAN

Warna dasar hijau dengan simbol salib dan perahu di atas gelombang.

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here