Penjabaran Program KPA Sinode GMIM

0
2515

Penjabaran Program KPA Sinode GMIM Mulai Digulir, Kontribusi  Dua Persen Ramai Dibicarakan. 

GMIM.or.id – Sabtu (30/1) Penjabaran Program Komisi Pelayanan Anak Sinode (KPAS) GMIM mulai digulir. Pada tanggal tersebut, serentak dilaksanakan di Rayon Kota Bitung di jemaat Ora Et Labora Papusungan Wilayah Bitung IV dan Rayon Minahasa di Jemaat Imanuel Amongena Wilayah Langowan I.

Dari pantauan www.gmim.or.id saat menghadiri agenda Sinodal di Wilayah Bitung IV ini diawali dengan ibadah yang dipimpin Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah (BPMW) Bitung IV Pdt. Raymond Charles Manopo, M.Teol. Sementara itu, dalam pengantar yang dipaparkan Wakil Ketua KPA Sinode GMIM Pnt. Nancy Pangemanan menjelaskan, penjabaran program ini mensosialisasikan seluruh rangkaian program yang akan dilaksanakan di sepanjang tahun pelayanan 2016 ini. “Jadi, kita tidak lagi menerima usulan program atau evaluasi. Sebab, seluruh program yang ada di buku panduan yang sudah dibagikan kepada peserta merupakan keputusan Konsultasi Tahunan KPA Sinode GMIM DI Wilayah Minawerot dan diperkuat dalam keputusan Sidang Majelis Sinode Tahunan (SMST) Ke-28 GMIM di Wilayah Manado Titiwungen,” tegas Pangemanan, seraya mengingatkan, untuk evaluasi program nanti dilaksanakan pada Pleno KPAS di pertengahan tahun.

Usai pelaksanaan Penjabaran Program, Ketua  BPMW Bitung IV Pdt. Raymond Charles Manopo, M.Teol. mengungkap, salah satu keputusan SMST Ke-28 GMIM tentang Kontribusi Minimal 2% dari anggaran jemaat yang diperuntukkan bagi pelayanan Kategorial Pemuda, Remaja dan Anak telah diterapkan di seluruh jemaat yang ada di Bitung IV. “Ini sudah kami putuskan dalam Sidang Majelis Wilayah Bulan Januari,” beber Manopo.

Menyikapi sejumlah Wilayah yang belum/tidak mengakomodir keputusan SMST tersebut, pria berkacamata dan berwajah oriental ini mengatakan, seharusnya tidak ada lagi kalimat akan dibahas atau apakah setuju atau tidak untuk dilaksanakan. “Ini ‘kan amanat SMST, sebagai wadah tertinggi pengambil keputusan dalam pelayanan GMIM. Jadi, Jemaat dan Wilayah tinggal mengakomodir dan melaksanakannya,” terang Manopo seraya menyatakan keprihatinannya atas sikap sejumlah BPMW yang menolak mengakomodir keputusan SMST ini dengan alasan yang tidak jelas.

Di bagian lain, Wakil Sekretaris KPA Sinode GMIM Pnt. Novren Koropit didampingi Asisten Bendahara Pnt. Michael Mait, S.Kom mengatakan, pada bulan Februari penjabaran program KPA Sinode GMIM ini dilanjutkan pada Sabtu (6/2) dengan agenda pelaksanaan di Jemaat Getsemani Sakobar Wilayah Manado Sario untuk Rayon Kota Manado. “Untuk Rayon Tomohon dilaksanakan di Jemaat Sion Tomohon Wilayah Tomohon Dua,” jelas Koropit dan Mait.

(Penulis dan Foto: Frangki Noldy Lontaan. Editor: Pdt. Janny Ch. Rende, M.Th)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here