RHK Sabtu 4 Agustus 2012

0
1362

Arti Sebuah Nama 
Kisah Para Rasul 4 : 36 – 37

whats my nameAda kalimat yang sering kita dengar dengan mengatakan: Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang dan manusia mati meninggalkan nama. Oleh sebab itu selama hidup manusia berusaha untuk menjaga nama baik, sebab firman Tuhan katakan dlam Amsal 27:1 “Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas”

      Firman Tuhan hari ini disampaikan tentang seorang yang bernama Yusuf, seorang Lewi dari Siprus, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas artinya anak penghiburan. Arti dari nama ‘anak penghiburan’ bukan hanya sekedar basa-basi, tapi dibuktikan sungguh-sungguh memberi/menghadirkan penghiburan bagi orang lain dengan jalan rela menjual ladangnya dan uangnya diletakkan di depan kaki rasul-rasul untu dibagikan kepada orang lain. Yusuf telah mengisi arti dari sebuah nama dengan melakukan perbuatan yang baik bagi orang lain, harta rela dikorbankan demi nama baiknya, sbab nama baik lebih berharga dari kekayaan.

Dalam kenyataaan sekarang, terkadang orang rela mengorbankan nama baik demi mendapatkan harta, orang rela menjual harga diri demi mendapatkan kekayaan bahkan orang rela mengorbankan jati diri, identitas keimanannya untuk mendapatkan materi, jabatan dan popularitas. Firman hari ini mengingatkan kita agar menghargai hidup yang berharga ini jangan dirusak dengan kepuasan sesaat, hidup ini menjadi berarti dan bermakna bila kita rela berkorban bagi orang lain, seperti yang dilakukan oleh Yusuf, semoga bagi orang lain, seperti yang dilakukan oleh Yusuf, semoga kita melakukan juga dalam hidup kini dan selamanya. Amin.

Doa: Bapa pakailah kami agar dimana Engkau tempatkan kami untuk melayani, berkarya, kehadiran kami berarti dan bermakna bagi orang lain, mampukan kami agar dapat menjaga nama baik, agar kami rela mengorbankan harta kami demi nama baik, bukan mengorbankan nama baik demi mendapatkan harta, dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here