RHK Kamis 29 November 2012

0
1171

Kesatuan Roh Yang Bagaimana?
Efesus 4:3-6

Dalam pemberitaan Paulus, kesatuan Roh tidak dapat dipisahkan dari pemahaman tentang satu Tuhan, satu tubuh, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua dan di dalam semua. Dapat terjadi bahwa dalam jemaat, anggota-anggotanya hidup dalam satu Roh tapi pemahaman imannya berbeda. Atau pemahaman baptisan yang berbeda. Kita memang memerlukan kesabaran untuk tiba pada pemahaman yang sama. Tapi kita dipanggil untuk terus berusaha. Karena itu, dalam ayat 3 Paulus menasehatkan jemaat supaya berusaha memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.

Pertemuan pemahaman dapat diusahakan bila kita mempunyai kerendahan hati, lemah-lembut dan kesabaran. Dengan begitu kita percaya kita dituntun ke arah pemahaman bersama dalam suasana damai sejahtera. Amin.

Doa: Ya Tuhan, kami mengaku bahwa dalam hidup kekristenan, kami berada dalam satu tubuh, satu Roh, satu iman, tapi sering kali hanya terbatas pada pengakuan saja. Dalam kehidupan berjemaat, kami sering tidak sependapat. Tolonglah kami Ya Tuhan, untuk menemukan jati diri kami sebagai jemaat dan gereja-Mu yang esa dalam upaya menemukan bentuk keesaan dan corak pelayanan yang mencerminkan keesaan itu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here