RHK Jumat 10 Januari 2014

0
1343

Sifat duniawi tanda ketidakdewasaan
1 Korintus 3:4-5

Memang walaupun kita telah menjadi bagian dari umat Allah yang telah dikuduskan dan disucikan oleh darah Yesus melalui pengorbanan-Nya di Bukit Golgota, tetapi kecenderungan kita sebagai manusia duniawi masih tetap kuat mempengaruhi kita sehingga sifat-sifat itulah yang lebih dominan tampak dalam tindak tanduk kita. Itulah sebabnya, ketidakdewasaan secara rohani masih menjadi warna dari kehadiran kita setiap hari baik di dalam keluarga maupun di dalam jemaat dan masyarakat.

Dan sebagai warga Gereja hal-hal semacam ini masih sangat jelas terjadi dalam perilaku kepalayanan kita di dalam mengambil sikap dan memberi penilaian tehradap para pelayan khusus. Kadang kala hal ini terjadi disebabkan oleh adanya kedekatan kekeluargaan kita. Sikap semacam ini sesungguhnya menampakkan kekerdilan rohani dari keluarga-keluarga jemaat yang masih bersifat duniawi dan dengan demikian belum dewasa secara iman.

Dalam hal ini Paulus hendak meneguhkan, baik Apollos, baik Paulus hanyalah pelayan-pelayan Tuhan yang menjadi saluran berkat bagi pertumbuhan iman jemaat. Oleh sebab itu marilah kita mengarahkan dan mengajarkan kepada keluarga-keluarga kita bahwa hubungan-hubungan kekeluargaa jangan dijadikan alasan untuk memihak dan mengidolakan pelayan-pelayan tertentu, kemudian menyepelekan pelayan lainnya. Amin.

Doa: Ya Bapa, Tuhan kami, ajarlah kami dengan firmanMu agar kami tidak terkotak-kotak hanya karena mengidolakan salah seorang dari pelayan-pelayan khusus kami. Ajarlah kami hanya mau memuliakan dan memuji nama Tuhan di dalam semua pelayanan kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here