RHK Jumat, 15 April 2016

0
1468

Bersama Yesus Kebutuhan Hidup Terpenuhi

Yohanes 21:12

Setiap manusia butuh makan dan minum. Jika seseorang tidak makan dan minum dalam kurun waktu tertentu pasti ia akan sakit dan mati. Karena itu disebut sebagai kebutuhan pokok/primer. Manusia siapapun dia selalu berusaha untuk me-menuhi kebutuhan pokok. Demikian juga dengan para murid, Yesus tahu bahwa mereka butuh makan, karena itu IA mengajak mereka, “marilah dan sarapanlah’. Yesus sangat mengerti bahwa para murid setelah bekerja/mencari ikan mereka harus sarapan. Yesus tidak mengabaikan kebutuhan jasmani karena Ia melayani secara holistik. Mereka berhak menerimanya karena telah ber-usaha. Bukankah Paulus pernah berkata, jika seorang tidak mau bekerja janganlah ia makan (2 Tes. 3:10). Karena itu bagi Yesus, para murid harus menerima hak mereka setelah melakukan kewajiban. Bagi Yesus para murid harus melakukan kewajiban mereka dan selebihnya Yesus mem-berikan hak mereka. Kalau begitu dapatlah dimengerti bahwa ketika percaya pada Yesus yang telah bangkit, para murid tidak harus kembali ke profesi semula sebagai nelayan tetapi terus melayani Yesus, mentaati perintah-Nya dan kebutuhannya terpenuhi, artinya mereka pergi mencari ikan bukan karena keinginan mereka tapi karena mau taat pada keinginan Yesus. Karena setiap orang yang sungguh-sungguh mengikuti Yesus pasti memiliki Etos kerja yang baik dan mengelola semua berkat dengan penuh tanggung jawab,

Kiranya kehidupan kitapun terpenuhi untuk semua kebutuhan baik jasmani maupun rohani karena kita tekun berdoa dan membaca firman serta giat bekerja. Amin.

Doa: Ya Tuhan, anugrahkan kiranya kami rasa tanggungjawab agar kami mampu mengelola semua yang Tuhan percayakan kepada kami dengan berhasil guna. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here