RHK Jumat, 16 Januari 2015

0
1433

Tunduklah Kepada Pemerintah

1 Petrus 2:13-15 

      Tekanan dan penganiayaan terhadap orang percaya yang dilakukan oleh pemerintah Romawi di Asia pada zaman Rasul Petrus, telah menimbulkan kebencian kepada pemerintah,  bahkan, sudah ada sikap anti-pemerintah.

      Melihat kenyataan ini, Rasul Petrus menasihatkan orang percaya supaya tunduk kepada pemerintah. Tunduk artinya hormat, patuh, mengikuti aturan. Jadi, jika Rasul menasihati agar tunduk kepada pemerintah itu berarti mereka harus menghormati, patuh, dan mengikuti aturan yang diberlakukan oleh pemerintah. Hal ini dilakukan karena Allah menghendaki hal itu, sebagaimana ayat 13 menulis “tunduklah karena Allah kepada lembaga manusia”. Artinya, Pertama, orang percaya diajak untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan masyarakat. Kedua, orang percaya dituntut untuk tunduk kepada pemerintah karena itu juga sebagai bentuk ketaatan umat kepada Allah. Selain itu, umat juga diingatkan untuk bijaksana dalam menyikapi pemerintah. Jika pemerintah menuntut sesuatu bertentangan dengan imannya, maka orang percaya dimintakan agar menunjukkan sikap lebih taat kepada Allah.  Jadi, tunduk dalam hal ini bukanlah tunduk tanpa batas, tetapi tunduk yang kritis-positif karena Allah.

      Sebagai keluarga Kristen, kita dimintakan untuk tunduk kepada pemerintah sepanjang hal itu tidak bertentangan dengan iman kita. Amin.

Doa: Ya Tuhan berikanlah kami hikmat untuk boleh bekerjasama dengan pemerintah dan anugerahkan kami roh untuk hidup di jalanmu yang  benar. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here