RHK Jumat, 20 Februari 2015

0
1989

Jadilah Teladan Bagi Kawanan Domba

1 Petrus 5:3

            Menjadi teladan yang baik dalam pengabdian seorang pemimpin atau pelayan, tidak saja menjadi cita-cita dari setiap pemimpin/pelayan tetapi juga menjadi harapan dari setiap orang yang dipimpin atau dilayani.

             Pembacaan Alkitab kita hari ini adalah nasihat rasul bagi para pemimpin/pelayan Gereja dalam melakukan fungsinya sebagai gembala terhadap kawanan domba milik Kristus (anggota Jemaat), yang dipercayakan kepada mereka untuk dipimpin/dilayani. Bahwasanya mereka tidak boleh memimpin/melayani dengan cara yang berkuasa, sebab cara itu adalah penyalah-gunaan wewenang. Sebaliknya sebagai gembala dari kawanan domba, harus memimpin/ melayani dengan menjadi teladan dalam pengabdian kepada Kristus: rendah hati, tabah dalam kebenaran, tekun dalam doa dan kasih akan Firman Allah.

             Sebagai keluarga, kita bagaikan kawanan domba, yang di dalamnya, ayah dan ibu adalah gembala bagi anak-anak. Dalam realita, tidak jarang orang tua   memerintah  dengan  cara  berkuasa  dan  menguasai (otoriter), akhirnya bukannya didengar dan ditaati, tetapi justru menimbulkan pemberontakan. Dan lebih fatal lagi, orang tua kehilangan wibawa dalam keluarga. Oleh sebab itu adalah baik jika kita sekeluarga hidup dalam kasih Kristus. Amin.      

Doa : Ya Tuhan, ajarkan kami untuk menjadi teladan dalam kehidupan berkeluarga dan sesama kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here