RHK Jumat, 24 November 2017

0
1112

Keteladanan Keluarga Pelayan

Kisah Para Rasul 21:9

Tempat pelayanan pertama dari seorang pelayan adalah keluarganya, sehingga dapatlah dikatakan bahwa keluarga adalah representasi (perwakilan, gambar) dari jemaat. Itulah sebabnya dari keluarga pelayanlah didapatkan keteladanan (hal-hal yang dapat ditiru atau dicontoh).

Keluarga Filipus adalah keluarga pelayan Tuhan yang tinggal dan melayani di Yerusalem sebelum mereka pindah dan menetap di Kaisarea. Ada banyak hal yang dapat ditiru dari Filipus dan keluarganya yang disaksikan oleh penulis Kisah Para Rasul (Pasal 6 dan 8) secara khusus dalam ayat bacaan hari ini secara tidak langsung (implisit) memberi pesan yaitu suasana kekeluargaan dalam rumah Filipus yang menyambut dan menerima Rasul Paulus dan rombongannya tinggal di rumah-nya. Keluarga Filipus menjamu para tamunya dengan keramah-tamahan (hospitality) dan kesederhanaan, kerendahan hati dan santun (modest). Inilah yang patut menjadi keteladanan keluarga kita bagi sesama agar merekapun dapat meneladani cara hidup kita. Sudahkah keluarga kita meneladani yang diteladankan oleh hamba Tuhan Filipus dan keluarganya sebagaimana bacaan kita? Ataukah keluarga kita masih suka dengan menutup pintu rumah dan hati bagi sesama karena selalu sibuk dengan urusan keluarga sendiri sehingga tidak ada waktu berpikir dan berbuat untuk sesama kita? Renungkanlah kemuliaan dalam tugas panggilan kita sebagai keluarga yang dipakai-Nya menjadi tela-dan bagi sesama. Tetaplah menjadi keluarga teladan meskipun di sekitar kita mungkin memiliki pola hidup, yang mengabaikan Tuhan Yesus dan kehendak-Nya (bandingkan Yosua 24:15). Amin.

Doa : Ya Allah Ya Tuhan kami dalam Yesus Kristus, jadikanlah keluarga kami senang meneladani-Mu dan menjadi teladan bagi sesama kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here