RHK Jumat, 29 Mei 2015

0
1785

Roh Memampukan Berbicara Berbagai Bahasa

Kisah Para Rasul 2:6-11

Ada ungkapan sederhana: “Kalau ingin tahu bahasa orang lain, kita tidak perlu belajar di tempat  kursus, tapi pergi dan tinggallah beberapa waktu lamanya di daerah di mana bahasa itu dipergunakan, pasti kita dapat mengetahuinya”. Ungkapan tersebut dapat diterima kebenarannya karena memang orang yang hidup di lingkungan tersebut suka atau tidak suka akan terdorong secara alami untuk dapat memahaminya.

Lain halnya dengan apa yang terjadi pada rasul-rasul ketika mereka mampu berkata dalam berbagai bahasa. Mereka tidak pergi ke negeri orang, tetapi tinggal di Yerusalem dan banyak orang dengan berbagai bahasa, merekalah yang datang ke Yerusalem. Para murid dapat berkata dalam berbagai bahasa pada waktu itu karena karya Roh Kudus.

Di negara Pancasila ini, bahasa menunjukkan identitas atau jati diri suatu bangsa. Dari bahasa kita dapat mengenal seseorang: asal, karakter dan budayanya. Bahasa selain sebagai alat komunikasi, tetapi juga sarana untuk mengenal Tuhan. Dengan bahasa, Roh Kudus membuat orang menjadi tercengang, heran, saling mengerti satu sama lain.

Sebagai keluarga Kristen, marilah kita menggunakan bahasa kita dengan baik dan benar sesuai kehendak Tuhan, supaya orang lain boleh mengenal bahwa kita adalah keluarga orang-orang iman dan mereka boleh menjadi percaya pada Yesus. Amin.

Doa: Ingatkanlah kami Tuhan untuk selalu berkata-kata dengan menggunakan bahasa yang baik, yang sesuai dengan kehendak Roh Kudus, baik dalam kehidupan berkeluarga maupun di tengah masyarakat. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here