RHK Jumat, 3 Juni 2016

0
2015

Diserahkan Untuk Perbendaharaan

1 Tawarikh 29:8

            Secara sederhana kita tahu bahwa fungsi “bendahara” ialah untuk: menginventarisir keuangan yang dikumpulkan termasuk harta kekayaan, menyimpannya, mengelola untuk pembiayaan operasional organisasi dan mempertanggung-jawabkannya. Sedangkan “perbendaharaan” adalah kas tempat menyimpan keuangan dan harta, agar tetap tersedia manakala dibutuhkan.

            Bacaan Alkitab kita hari ini berbicara tentang “perben-daharaan” dan “Bendahara”. Bendahara yang dimaksud ialah Yehiel seorang Lewi dari kaum Gerson. Ia dipercayakan Daud untuk mengelola perbendaharaan atau kas untuk pembangunan Rumah Allah. Kepadanya Umat Israel  membawa batu permata untuk perbendaharaan Rumah Tuhan.

            Sesungguhnya keluarga Kristen tidak dapat dilepaskan dari perannya sebagai bendahara sebab di dalam keluarga kita tersedia dan tersimpan berkat-berkat Tuhan yang harus dikelola dan diatur pemanfaatannya dengan baik. Cara pengelolaan berkat Tuhan harus dilakukan dengan tepat dan cerdas sehingga tidak terjadi pengeluaran lebih besar dari pada pendapatan. Selanjutnya kita juga berkewajiban menyediakan “pundi” per-sembahan untuk perbendaharaan rumah Tuhan dalam rangka kelangsungan pekerjaan pelayanan Gereja. Amin.

Doa: Ya Tuhan, mampukan kami untuk mengelola berkat-Mu dengan arif dan bijaksana. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here