RHK Jumat, 5 Oktober 2018

0
823

Roh Memberi Kuasa

1 Korintus 12:10

Ada berbagai pandangan manusia bahwa “bahasa roh” itu dapat dipelajari melalui kursus bahasa roh atau latihan-latihan, seperti mempelajari bahasa pada umumnya, padahal bahasa roh di dapatkan oleh karena Roh Kudus hinggap dan menguasai hidup kita (lih. Kis 12:1-13).

Rasul Paulus mengungkapkan berbagai karunia lain untuk mengadakan mujizat, bernubuat, karunia untuk membedakan bermacam-macam roh, karunia berbahasa roh, dan karunia menafsirkan bahasa roh. Secara keseluruhan mulai dari ayat 8 hingga 10 terdapat sembilan karunia yang masing-masing karunia memiliki manfaatnya. Karunia mengadakan mujizat memberikan keberanian, kekuatan dan kemampuan untuk percaya akan kuasa Tuhan bagi sesuatu hal yang tidak mungkin dalam pandangan dan pengertian manusia yang terbatas akan menjadi mungkin bagi Allah yang memiliki kuasa tiada terbatas.

Kita mengetahui bahwa hanya melalui pekerjaan Roh Kudus keluarga Kristen dapat memiliki karunia, jadi Rohlah yang menentukan kepada siapa karunia itu akan diberikan bukan atas dasar kehendak manusia. Oleh karena itu, bersyukurlah kita yang memiliki karunia khusus dan pakailah karunia tersebut untuk menopang kehidupan sesama, bukan untuk kebanggaan atau kesombongan diri tapi untuk melakukan tugas panggilan kita sebagai umat Tuhan yang melayani sesama. Amin.

Doa: Kami menyadari bahwa melakukan dan mengikuti kehendak-Mu ya Tuhan, bukanlah perkara yang mudah, namun kami percaya Engkau akan memberikan kami hati yang taat untuk mempraktekkan firman-Mu setiap waktu. Amin.