RHK Jumat, 9 September 2016

0
1771

Kesia-siaan

 Yeremia 10:14-15

            Setiap hari manusia bergelut dan berjuang untuk memenuhi kebutuhan, bekerja siang dan malam untuk melanjutkan kehidupan. Alasan inilah sehingga manusia cen-derung melupakan Tuhan dan inilah yang menjadi sumber masalah keberimanan. Materi telah dijadikan tujuan hidup dan dianggap sebagai ‘berhala/tuhan”, karena dipahami sebagai sumber yang memenuhi kebutuhan padahal itu adalah kesia-siaan.

            Firman Tuhan hari ini, menyatakan bahwa orang yang menjadikan segala sesuatu sebagai berhala adalah bodoh (tidak memiliki kemampuan), tidak memiliki wawasan (penge-tahuan). Hal ini ditegaskan kepada para pengrajin yang membuat patung untuk menipu, karena tidak bernyawa (hidup), mereka akan dipermalukan dan diejek karena patung yang dihasilkannya. Itu semua adalah kesia-siaan karena mereka akan binasa melalui hukuman Tuhan.

            Kesia-siaan (kefanaan) akan dialami jika Tuhan Yesus tidak menjadi prioritas kehidupan, hanya takut akan Tuhan menjadikan hidup kita tidak sia-sia. Pengandalan pada materi, kuasa dan jabatan hanya membawa kita pada hidup tanpa tujuan dan sia-sia. Oleh sebab itu sebagai keluarga Kristen, kita diingatkan untuk menjadikan Tuhan sebagai tujuan hidup karena hanya Dialah yang dapat memenuhi semua kebutuhan kita. Amin.

Doa: Ya Tuhan, kami bersyukur untuk keselamatan yang Engkau kerjakan bagi dunia, dan keselamatan yang memberi hidup baru pada kami, untuk tidak berjalan dalam kesia-siaan. Mampukan kami untuk berpegang pada FirmanMu agar kami hanya menyembah-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here