RHK Kamis 1 Agustus 2013

0
1099

Jadilah orang yang berpengaruh
Nehemia 5:9-13

Menurut John Maxwell, “Kepemimpinan adalah Pengaruh”. Oleh karena itu untuk dapat mempengaruhi seorang pemimpin harus memiliki kemampuan antara lain menjalin hubungan baik dengan yang dipimpin, memperlihatkan perhatian dan perlindungan, dan yang lebih penting dari itu dapat menjadi teladan bagi orang yang dipimpin (integritas). Dengan demikian maka orang yang dipimpin akan menuruti apa yang dikatakan pemimpinnya dan bebas bekerja dengan baik untuk mencapai hasil yang maksimal.

Kemampuan ini, ternyata dimiliki oleh seorang tokoh dalam Alkitab, yaitu Nehemia. Nehemia dapat dikatakan sebagai seorang pemimpin visioner hebat dengan manajemen yang handal dalam melaksanakan tugasnya. Karen aitu, dia berhasil membangun tembok Yerusalem, tetapi juga yang unik dan hebat di mampu mempengaruhi orang-orang Israel untuk mengembalikan semua yang mereka pernah lakukan kepada sesama bangsanya, seperti ladang, kebun anggur, rumah dll. Sebagaimana yang diceritakan dalam pembacaan kita hari ini.

Kisah Nehemia ini, layak untuk kita ikuti, baik kita sebagai pemimpin (pemimpin keluarga, jemaat dan masyarakat) bahkan sebagai orang biasa sekalipun. Ketika kita mampu, memperlihatkan perhatian, perlindungan dan teladan, maka kita akan memberikan sebuah pengaruh yang baik dan benar kepada yang kita pimpin. Bukankah Tuhan Yesus juga menghendaki hal yang demikian? Yaitu, agar kita orang-orang percaya, menjadi orang-orang yang memiliki dan memberi pengaruh yang baik dan positif kepada orang-orang di sekeliling kita. Itulah yang dimaksudkan ketika Tuhan Yesus mengatakan tentang “terang dan garam dunia”. Tuhan telah menempatkan kita di lingkungan kita sekarang ini, baik dalam bisnis maupun profesi yang kita jalani adalah dengan satu maksud supaya kita memberi pengaruh yang positif dan signifikan. Amin.

Doa: Bapa sorgawi, kami bersyukur sebab sampai hari ini kami boleh menikmati berkat-berkat-Mu. Ingatkanlah kami terus, agar kami dapat mempergunakan hidup ini untuk menjadi berguna bagi sesama dan bukan menjadi sandungan. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here