RHK Kamis, 12 Juni 2014

0
1257

Apa Artinya Bertobat?

Kisah Para Rasul 2:38a

 

Hari ini kita memperingati hari jadi Pekabaran Injil dan Pendidikan Kristen yang ke-183 tahun. Selamat buat kita semua. Ternyata sebagai Gereja kita sudah 183 tahun hidup dalam pertobatan. Oleh penginjilan Riedel dan Schwarz, kita sudah meninggalkan cara kehidupan yang lama, dan kita sudah hidup baru dalam Kristus. Itulah arti sesungguhnya dari kata bertobat: berubah.

Kalau papa dulunya malas dan tidak tekun bekerja, tetapi sekarang rajin ke kebun; artinya papa sudah berubah, sudah bertobat. Kalau mama dulunya cuma banyak santai dan gosip di tetangga; tetapi sekarang tekun melayani dan cekatan mengatur rumah tangga; artinya mama sudah berubah, sudah bertobat. Kalau dulu sebagai anak enggan ke sekolah sehingga prestasi tidak ada; tetapi sekarang senang bersekolah dan dapat juara; artinya anak sudah berubah, sudah bertobat. Semua menjadi tidak sama lagi dengan yang dulu, tetapi sudah berbalik 180 derajat. Artinya bahwa setelah kita menerima Injil, maka kita harus hidup dalam pertobatan dan pembaharuan secara terus-menerus.

Tahukah kita bahwa pertobatan itu adalah juga pekerjaan Roh Kudus? (Tit. 3:5) Bersyukurlah kepada Roh Kudus dan berdoalah agar Roh Kudus bekerja terus dalam kehidupan pribadi dan keluarga kita. Sehingga setiap hari kita bertambah dikasihi dan diberkati oleh Tuhan. Amin.

 

Doa: Ya Roh Kudus, terima kasih untuk Injil yang telah Engkau nyatakan di tanah Minahasa. Kami mohon, baharuilah hati, pikiran dan hidup kami. Mampukanlah kami hidup dalam pertobatan dan menghasilkan buah-buah yang baik. Amin.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here