RHK Kamis, 14 Agustus 2014

0
1117

Hargailah Hak Orang Lain

Imamat 19:13

Adaseorang perempuan yang bekerja sebagai tukang cuci pakaian. Ia bekerja pada beberapa keluarga yang membutuhkan jasanya. Orang-orang yang memakai jasanya itu, terkadang lupa memberikan gajinya atau menundanya dengan berbagai cara dan alasan. Perempuan itu bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Ketika upahnya ditahan atau bahkan tidak diberikan, ia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, atau bahkan dapat membuat ia dan keluarganya kelaparan. Ini adalah salah satu contoh nyata dari tindakan memeras tenaga, merampas hak dan menahan upah pekerja, yang melanggar perintah Tuhan. Sebab ayat 13 mengatakan ”jangan memeras sesama manusia; jangan merampas; dan jangan menahan upah pekerja harian”.

Karena itu sebagai keluarga Kristen, hendaklah kita belajar menghargai hak sesama anggota keluarga dan hak orang lain. Misalnya, anak berhak mendapat kasih sayang, perlindungan, pendidikan, dan sebagainya. Anak-anak pun harus menghormati hak orang tua, misalnya mendengarkan nasehat mereka, menyayangi, membantu orang tua, dan lain sebagainya. Dalam hubungan dengan orang lain, kita wajib menghargai hak orang lain, misalnya membayar upah dari orang yang bekerja pada kita.Amin.

Doa:Ya Tuhan Allah, ampunilah kami bila kami tidak menghargai hak orang lain.Tolonglah agar kami hidup bertanggungjawab dan mempedulikan kebutuhan orang lain sehingga mereka menikmati kesejahteraan dan sukacita. Amin. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here