RHK Kamis, 19 Februari 2015

0
1856

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

1 Petrus 5:1-2 

     Bagaimana jadinya jika kawanan domba tidak digembalakan dan dipelihara dengan baik. Sudah pasti semua kawanan domba itu tidak makan dan minum,   menjadi  kurus  dan tidak berbulu lebat.

            Pembacaan Alkitab kita hari ini menampilkan nasihat rasul Petrus kepada para Pelayan (Penatua) Jemaat dalam fungsi mereka sebagai gembala bagi kawanan domba milik Allah yang dipercayakan kepada mereka. Bahwa mereka harus menggembalakan dalam arti menggumpulkan, menjaga, memelihara, menuntun kehidupan kerohanian dan jasmani domba gembalaan atau jemaat. Tugas itu dilakukan tidak dengan terpaksa, melainkan dengan sukacita penuh kerelaan, sebagaimana dicontohkan oleh Yesus Kristus sebagai Gembala yang baik. Lebih dari itu para pemimpin dan pelayan Gereja dinasihati oleh rasul Petrus, agar jangan mencari keuntungan materi melalui tugasnya sebagai gembala, melainkan melalui pengabdian diri yang rela dan bersungguh-sungguh. Sebab, bagi gembala berakibat pada dosa keserakahan dan bagi jemaat sebagai domba gembalaan bukannya hidup dalam kesenangan, melainkan kesusahan.

            Karena itu kitapun sebagai kawanan domba dimana di dalamnya terdapat orang tua (Ayah/Ibu) sebagai gembala dan anak-anak termasuk seisi keluarga lainnya sebagai domba. Hendaknya orang tua melakukan tugas penggembalaan dengan rela sesuai komitmen awal dan jangan terpaksa atau mengambil keuntungan di dalamnya, sehingga anak-anak dan seisi keluarga senantiasa menikmati kehidupan rohani dan jasmani, menurut kehendak Yesus Kristus. Amin. 

Doa: Ya Tuhan, ajarkan kami untuk menjadi gembala yang baik di tengah keluarga kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here