RHK Kamis, 19 Mei 2016

0
1887

Hidup Menurut Roh

Roma 8:12-13

Ada banyak alasan orang untuk berhutang, di antaranya karena kebutuhan hidup rumah tangga, konsumsi, biaya pen-didikan, biaya kesehatan, bahkan untuk kemewahan hidup. Intinya untuk keadaan hidup menjadi lebih baik. Jika seseorang berhutang maka satu kewajiban yang tidak terhindari bahwa ia harus membayar hutangnya.

Paulus mengingatkan bahwa orang-orang percaya ada-lah orang-orang yang berhutang atas kehidupan dalam kesela-matan yang dinikmati di masa kini dan kehidupan kekal yang akan ternikmati nanti. Namun kita berhutang bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging. Sebab hidup menurut daging akan membawa kematian. Orang percaya berhutang kepada Roh karena itu harus hidup oleh Roh dan dengan kekuatan Roh itu harus mematikan perbuatan-perbuatan daging atau dosa.

Keluarga Kristen sebagai orang-orang yang hidup oleh Roh harus mematikan perbuatan daging atau menghindarkan diri dari perbuatan dosa, seperti perselingkuhan, seks bebas, kekerasan dalam rumah tangga, ketidakjujuran, korupsi, keben-cian, dendam, dan lain sebagainya. Sebaliknya, kita harus rajin memberi, membantu yang berkekurangan, melakukan keba-jikan, berdiakonia, dan memberi yang terbaik untuk menopang pelayanan gereja. Juga kita harus mengambil bagian dalam tanggung jawab sebagai warga masyarakat seperti membayar pajak, kerja bakti, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kemanan dan ketertiban. Amin.

Doa: Tuhan, tolong kami untuk hidup dipimpin oleh Roh dengan menjauhkan diri dari perbuatan dosa dengan melakukan apa yang berkenan kepada-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here