RHK Kamis, 21 April 2016

0
1642

Kejadian 8:15-19

Habis Gelap Terbitlah Terang 

Kegelapan banyak kali dijadikan sebagai simbol pen-deritaan, kesusahan, hukuman bahkan kematian. Diwaktu  pen-ciptaan dikatakan: ”…bumi belum berbentuk dan kosong, gelap gulita menutupi samudera raya…” Kejadian 1:2. Manusia dan makhluk hidup lainnya tak dapat hidup terus dalam kegelapan. Hidup dalam kegelapan (tanpa cahaya) membuat  kita tak dapat membedakan warna, bersih atau kotor, takut bertindak, pera-saan kuatir dan gelisah.

Bagaimanakah perasaan kita ketika hidup terkurung da-lam satu ruangan selama 240 hari, seperti Nuh dan keluar-ganya? Pasti ingin bebas, keluar dan berlari untuk nikmati udara segar. Dalam kungkungan bahtera itu suara Allah yang penuh kasih karunia terdengar: Keluarlah dari bahtera itu…” berita gembira yang membebaskan dan membaha-giakan. Nuh, keluarganya dan segala binatang keluar dari dalam bahtera itu memulai kehidupan di bumi yang baru dipulihkan dari hu-kuman. Tuhan Allah tidak menghendaki umat yang dikasihi-Nya terus menerus hidup dalam kungkungan “bahtera” yang menye-sakkan. Ia menganugerahkan bumi yang dipulihkan itu kepada manusia dan segala binatang supaya mereka memiliki masa depan yang bahagia.

Hari ini merupakan hari Raden Ajeng Kartini (R.A. Kartini) beliau adalah pejuang hak-hak kaum perempuan Indonesia yang dikungkung oleh penjajah dan budaya kekua-saan kaum lelaki (paternalistic cultur). Dialah yang menggagas  kesamaan hak berbicara dan memimpin bangsa ini sehingga perempuan memiliki juga kemampuan dan keahlian yang sama dengan kaum lelaki dalam semua sendi kehidupan bangsa.

Sebagai keluarga Kristen, kita sungguh bersyukur sebab sampai kini Tuhan Allah memberi kebebasan pada kita untuk keluar dari kegelapan untuk menjadi terang melalui pekerjaan, usaha mencari nafkah untuk melayani sesama sebagai bentuk pelayanan kepada Tuhan. Amin. 

Doa: Terima kasih kami ucapkan pada-Mu Tuhan kerena kasih karunia-Mu yang membebaskan kami dari kungkungan dosa, masuk dalam terang keselamatan-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here