RHK Kamis, 23 Juni 2016

0
2286

Melangkah Pasti

 Amsal 9:10-11

Ada pepatah Tiongkok berkata, “perjalanan beribu ribu mil ditentukan oleh langkah pertama”. Pepatah ini mengandung ke-benaran bahwa hidup ini tidak hanya sekedar angan dan rindu, tetapi menuntut tindakan konkrit. Langkah pertama ini penting dan akan sangat menentuka  langkah selanjutnya.

Memulaikan sesuatu membutuhkan keberanian dan bukan rasa takut. Hidup adalah proses. Semakin cepat membuat kesa-lahan semakin cepat kemungkinan untuk memperbaiki. Semakin lama membuat kesalahan semakin lama kemungkinan untuk memperbaikinya. Hidup ini bukan untuk membuat kesalahan atau mencari-cari kesalahan namun dengan tidak berbuat sesuatu karena takut salah hanya menghasilkan rasa bersalah. Dengan tidak memulai sesuatu kita sedang merencanakan kegagalan.

Keluarga Kristen yang berbahagia, Firman Tuhan mengajarkan kita tentang hal yang lebih penting bahwa hidup ini tidak hanya untuk mencapai tujuan secara kuantitas (jumlah) yaitu mendapat-kan keberhasilan yang sebesar besarnya atau sebanyak banyak-nya. Namun yang terutama adalah untuk mewujudkan hidup yang berkualitas (bermutu). Langkah awal untuk mewujudkan hi-dup yang berkualitas itu adalah takut akan Tuhan dan mengenal yang Mahakudus. Namun Tuhan juga menghendaki pada lang-kah-langkah selanjutnya kita harus mengutamakan Tuhan. Kita tidak boleh seperti kacang lupa akan kulitnya, sebab Tuhan me-nyediakan tujuan yang harus kita capai yaitu hidup berkelim-pahan dan keselamatan kekal. Ia menyediakan kualitas hidup yang tiada tara karena itu langkah-langkah hidup kita juga harus berkualitas. Artinya, hidup dalam ketaatan yang benar, adil dan jujur (karakter moral) disertai ketekunan, kegigihan, kesetiaan (karakter iman) itulah jaminan keberhasilan hidup. Amin.

Doa: Tuhan tuntunlah langkah-langkah kami, jadilah yang pertama dan yang utama di jalan hidup kami agar kami berhasil mencapai tujuan seperti yang Engkau inginkan. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here