RHK Kamis, 25 April 2019

0
624

Terbukti Yesus Bangkit

Yohanes 20:6-7

        Kepada Tomas, Tuhan Yesus pernah mengatakan: “berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya (Yohanes 20:29b). Kalimat ini bukan hanya sebuah sindiran kepada Tomas, tapi juga kepada semua orang percaya, karena bagi Yesus, percaya jauh lebih utama dari pada melihat, sebab kepercayaan seperti ini jauh lebih mulia, dan kepercayaan inilah yang mendasari iman gereja sampai sekarang ini.

        Melalui bacaan Alkitab hari ini, kita dapat melihat bukti tentang kebangkitan Yesus, yang ditandai dengan beberapa hal: pertama, kain kapan terletak di tanah; kedua, kain peluh yang tadinya berada di kepala Yesus sudah berpindah tempat di samping, jauh dari kain kapan dan sudah tergulung. Nah, jika mayat Yesus dicuri, pasti semua kain itu akan terbawa pergi.

Kain kafan dan kain peluh adalah kain kematian. Tuhan Yesus bangkit dan terbebas keluar dari ikatan kain kematian, menandakan Yesus telah mengalahkan kematian. Hal ini tentu berbeda dengan kebangkitan Lazarus, yang bangkit tapi kain kapannya masih melilit tubuhnya (Yohanes 11:44), karena itu Lazarus tidak bangkit kekal, karena kemudian ia mati lagi.

Kiranya firman ini akan mendorong kita semua untuk terus bersaksi kepada dunia ini, bahwa kebangkitan Yesus adalah fakta iman, baik bagi kita maupun bagi dunia ini. Amin.

Doa: Ya Tuhan Yesus, berilah kami semangat oleh iman kami, supaya dimana-mana tempat, kami dapat bersaksi tentang peristiwa kebangkitan-Mu. Amin.