RHK Kamis, 4 September 2014

0
1107

Keharusan Berbuat Baik

Yakobus 4 : 17

Kita mengetahui dan memahami bahwa setiap perbuatan yang melanggar peraturan dan ketentuan yang berlaku akan dianggap kesalahan bahkan kejahatan, dan pada gilirannya akan mendapatkan  hukuman sesuai dengan pelanggaran tersebut. Hal ini lahir dari suatu kesadaran bahwa setiap tindakan yang dilakukan secara sadar/sengaja, lahir dari suatu yang diketahui bahkan yang diyakini. Oleh sebab itu seseorang dapat menilai baik-buruknya orang lain daritindakan/perbuatannya (tentunya dengan menggunakan norma atau ketentuan yang berlaku).

Namun bacaan Alkitab kita saat ini, Yakobus mengungkapkan hal berbeda dengan pemahaman diatas. Bagi Yakobus kesalahan yang mendatangkan dosa bukan hanya terletak pada suatu tindakan yang melanggar nilai/norma ataupun aturan dan ketentuan yang telah disampaikan dalam Firman Tuhan, melainkan juga ketika seseorang mengetahui bagaimana ia harus berbuat baik tapi tidak melakukannya adalah berdosa. Dengan kata lain, ketika seseorang mengetahui hal yang baik namun membiarkan diri untuk tidak melakukannya maka ia telah berbuat salah yang mengakibatkan dosa. Kesalahan/dosa bagi Yakobus tidak hanya tertelak pada tindakan yang melanggar aturan tapi juga pada pengetahuan baik yang tidak dilakukan atau membiarkan diri untuk tidak berbuat yang baik padahal mengetahui nilai kebaikan yang harus dibuat.

Yakobus bermaksud untuk mendorong orang Kristen dijamannya agar berusaha mewujudkan dalam tindakan nyata suatu kebaikan yang diketahuinya. Janganlah menyimpan kebaikan itu tapi wujudkan dalam kenyataan bersama dengan sesama. Sebab adalah suatu pelanggaran yang dapat mengakibatkan dosa, jika orang Kristen tahu sesuatu yang baik namun tidak melakukannya dalam hidup dan usahanya.

Demikian pula bagi kita sebagai keluarga Kristen, yang mengetahui berbagai kebaikan seperti yang telah diteladankan oleh Kristus. Kita berkewajiban untuk mewujudkan kebaikan yang diketahui tersebut dalam hidup bersama dengan sesama kita, yang diawali dari lingkungan keluarga dan selanjutnya kepada semua orang, mengapa? karena Tuhan itu baik bagi semua orang, termasuk kepada kita. Oleh sebab itu adalah wajib bagi setiap orang yang telah menerima kebaikan Tuhan (terutama telah memberi kita hidup dalam kemenangan) untuk melakukan kebaikan, yaitu kebaikan yang memenangkan banyak orang. Sebab kebaikan hanya ada pada usaha untuk berbuat baik bagi semua orang. Amin.

Doa:Ya Tuhan yang Maha Baik, karuniakanlah terus kebaikan-Mu bagi kami dan ajar senantiasa kepada kami untuk berbuat baik kepada sesama makhluk, sehingga kebaikan-Mu memampukan semua orang untuk hidup dalam keadaan yang baik dalam hidup dan usaha kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here