RHK Kamis, 8 Oktober 2015

0
2082

Jadilah Pelaku Firman

Yakobus 1:22

          Dalam kemajuan zaman sekarang ini, berbagai ciptaan manusia memberi dampak positif terhadap pemenuhan ke-butuhan materi. Dampak negatifnya manusia menjadi mate-rialistis. Seiring dengan itu memberi dampak pada indivi-dualisme, mementingkan diri sendiri/kelompok. Sementara   itu kesetiakawanan semakin menipis, sehingga orang  menu-tup pendengaran dari teriakan minta tolong dari sesamanya. Dan kalaupun telinganya sempat mendengar kondisi sesama yang menderita, ia tidak melakukan sesuatu apapun, selain cukup mengatakan ”kasihan”. Perilaku itu sering kita dengar dalam istilah terjadi ”pembiaran”, dan lebih fatal lagi orang berkata ”tanggung sendiri”.

Pembacaan Alkitab kita adalah ajakan dari Yakobus kepada jemaat agar menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar. Sebab Firman itu dikonkritkan dalam tindakan Yesus Kristus melalui penderitaan dan kematian di kayu salib untuk keselamatan. Makanya Yakobus menegaskan ”sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri”.

Sebagai satu keluarga kita tidak boleh menipu diri sendiri, sementara di sekitar kita, diperhadapkan dengan  per-gumulan hidup. Kondisi itu tidak boleh kita biarkan, melain-kan tindakan konkrit, selaku pelaku Firman yang membe-baskan. Amin.

Doa: Ya Tuhan, ajarlah kami menjadi pelaku Firman-Mu melalui tindakan konkrit  terhadap  sesama.  Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here