RHK Minggu, 10 April 2016

0
1695

Kebersamaan Dalam Kesatuan

Yohanes 21:1, 2

Kebersamaan adalah satu kondisi yang menyenangkan, karena satu dengan yang lain sebagai sesama anggota mem-bangun hubungan untuk saling melengkapi dan menguatkan. Itulah kondisi yang dialami oleh para murid setelah Tuhan Yesus Mati dan bangkit. Mereka berkumpul (ayat 2) di pantai danau Tiberias, artinya secara bersama-sama para murid mau berjuang menghadapi situasi hidup yang baru, sesungguhnya mereka sedang berada dalam ketidak pastian. Sekalipun Yesus sudah pernah menampakkan diri namun masih ada keraguan di hati mereka apakah benar Yesus telah bangkit.? Betapa pentingnya hidup dalam kebersamaan untuk menyingkapkan misteri ke-bangkitan Yesus! Jika para murid hidup terpisah mereka akan sangat sulit mengerti realita yang sedang mereka hadapi bahwa YESUS BENAR-BENAR BANGKIT. Tetapi karena mereka ber-kumpul: artinya mereka bersama-sama menjadi satu kesa-tuan menghadapi kenyataan bahwa Yesus telah menampakkan diri  maka ada kepastian bahwa para murid akan mengerti arti kebangkitan Yesus bagi mereka. Dalam  kebersamaan, hati yang galau dapat terhalau, kegelisahan dapat berubah menjadi kete-nangan.

            Sebagai Keluarga Kristen marilah kita juga membangun kehidupan bersama yang saling melengkapi satu dengan yang lain. Ayah, Ibu, Anak dengan perannya niscaya semua rencana dan cita-cita kita akan menjadi kenyataan. Kebersamaan dalam hidup keluarga merupakan satu kekuatan untuk menjadikan kita mampu menang dalam setiap persoalan hidup yang meng-hadang kita. Amin.

Doa: Ya Tuhan, sebagai anggota keluarga kami sibuk dengan tangung jawab masing-masing. Anugrahkanlah kami kerinduan satu dengan yang lain untuk terus membangun kebersamaan. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here