RHK Minggu, 15 Oktober 2017

0
1917

Tuhan yang Menciptakan, Membentuk, Menebus, Memanggil dan Memiliki Umat-Nya

Yesaya 43:1

Ada teori dan cerita-cerita dongeng yang mengatakan bahwa manusia berasal dari kera atau  berasal keturunan dewa-dewi sehingga ada berbagai kepercayaan dan mitos yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Berbeda dengan keyakinan orang percaya, sebagaimana kesaksian Alkitab , bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan. Tuhan menciptakan laki-laki dan perempuan dengan berbagai karakter yang melekat padanya.

Dalam bagian Alkitab yang kita baca ini, Tuhan sendiri yang berbicara kepada umat Israel yang sementara berada di pembuangan di Babel, bahwa Ialah yang menciptakan mereka. Kata menciptakan memberi pengertian adanya sesuatu dari tidak ada menjadi ada. Jadi Tuhanlah yang mengadakan orang Israel. Ia membentuk mereka laki-laki dan perempuan dengan karakter mereka dan Tuhanlah yang menentukan serta mengarahkan jalan-jalan hidup mereka. Oleh sebab itu mereka tidak boleh takut apalagi Tuhan menebus atau melepaskan mereka dari perbudakan di Babel. Mereka dipanggil atau dikeluarkan dari sana karena Tuhanlah pemilik mereka.

Dengan mengetahui kebenaran firman yang disampaikan hari  ini, maka sebagai keluarga Kristen kita tidak boleh tergoda apalagi diombang-ambingkan oleh berbagai teori dan cerita-ceritera dongeng yang ada disekitar kita. Ini harus menjadi kekuatan, pengharapan dan sukacita kita, bahwa Tuhan Allah kita adalah Allah yang hidup. Dialah yang telah menciptakan, membentuk, menebus, memanggil dan punya Dialah kita. Oleh sebab itu jangan kita takut menghadapi hari esok. Mari kita hidup dan berkarya sesuai dengan talenta yang dikaruniakan-Nya. Amin.

Doa: Kami bersyukur kepada-Mu Tuhan. Engkaulah Allah yang hidup yang telah mengaruniakan keselamatan bagi kami. Tolonglah kami supaya kami dapat hidup sesuai kehendak-Mu. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here