RHK Minggu, 16 Desember 2018

0
564

Dipenuhi Dengan Roh Kudus

Lukas 1:67

Ada orang yang menyebut dirinya dipenuhi dengan Roh Kudus, tetapi berita yang disampaikan tidak sesuai dengan Firman melainkan sesuai dengan kata hatinya. Orang yang menyebut dirinya mengabarkan tentang kebenaran, tetapi tidak menitikberatkan pada Roh Kudus dan tuntunan-Nya adalah sesuatu yang tidak benar atau omong kosong.

Nama Zakharia artinya Yahweh mengingat hamba-Nya, dan ia seorang imam yang sudah tua serta setia melakukan apa yang diminta Allah daripadanya. Zakharia terpanggil untuk melakukan tugas dalam Bait Suci di Yerusalem seminggu lamanya. Zakharia termasuk golongan imam-imam dari rombongan Abia. Rombongan Abia adalah rombongan kedelapan dari dua puluh empat rombongan (1 Taw. 24:10). Jumlah imam di masa Zakharia sangat besar dan seorang imam dapat terpanggil hanya satu kali dalam hidupnya. Imam yang terpilih lewat undian dianggap sebagai orang yang diberkati. Injil Lukas menulis bahwa dengan kekuatan Roh yang kudus atau dipenuhi dengan Roh Kudus maka bernubuatlah Zakharia. Zakharia berbicara tentang perkara-perkara Allah atau  dengan mengatakan sesuatu yang tidak datang dari hatinya sendiri tetapi dari Allah.

Bacaan ini mengajarkan keluarga kristen untuk senantiasa hidup setia dan takut akan Tuhan. Orang yang setia dan takut akan Tuhan adalah orang yang dipenuhi dengan Roh Kudus. Tuhan Allah menempatkan Roh Kudus di dalam kita agar kita dapat menghasilkan buah (Gal. 5:22). Roh Kuduslah yang akan memampukan kita dalam perjalanan di tengah kehidupan berkeluarga, berjemaat dan bermasyarakat. Kiranya dengan kekuatan Roh Kudus, kita dapat bersaksi tentang Tuhan Penyelamat kepada semua orang. Amin.

Doa: Ya Tuhan, ajarlah kami setia dan takut akan Engkau. Tuntunlah kami dengan Roh-Mu yang Kudus agar kami dapat hidup dan bersaksi tentang Engkau kepada semua orang. Dalam nama Yesus. Amin.