RHK Minggu, 18 Agustus 2019

0
2240

Pemerintah Berasal dari Allah

Roma 13:1

Pemerintah adalah sekelompok orang yang secara bersama-sama memikul tanggungjawab terbatas untuk menggunakan kekuasaan, dengan sistem menjalankan wewenang dan kekuasaan untuk mengatur kehidupan sosial, ekonomi dan politik suatu negara.

Firman saat ini, dimana Paulus menasehati orang Kristen untuk takluk (hupotasso=taat, patuh) kepada pemerintah, karena mereka berasal dan ditetapkan oleh Allah serta diberikan wewenang atau kuasa dan tanggungjawab.   Kuasa yang diberikan Allah kepada pemerintah bertujuan untuk mengatur agar manusia hidup secara tertib dan teratur.

Tujuan dibentuknya pemerintah adalah demi kepentingan manusia itu sendiri. Paulus menyatakan bahwa tiap-tiap orang harus takluk atau tunduk kepada pemerintah, karena mereka bekerja untuk kepentingan masyarakat. Setiap warga negara tidak ada yang terkecuali harus tunduk dan menghormati pemerintah walaupun ada oknum-oknum yang bersikap tidak baik  dan jahat dalam melaksanakan tugasnya.

Sebagai keluarga Kristen, tugas kita terhadap negara/pemerintah adalah taat dan menyuarakan suara kenabian dan menegur pemerintah yang lalim dalam terang Firman Tuhan. Gereja harus menjadi garam dan terang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta selalu mendoakan pemerintah atau negara  menjalankan pemerintahan dalam takut akan Tuhan. Amin.

Doa: Ya Bapa di Sorga, ajarlah kami menjadi warga negara yang  tunduk dan taat serta menghormati pemerintah sebagai lembaga yang ditetapkan oleh Allah di dunia ini. Berkatilah pemerintah agar mereka dapat melaksanakan tugas mereka dengan baik,  demi kesejahteraan seluruh warga  negara. Amin.