RHK Rabu, 11 Mei 2016

0
1998

Tuhan Maha Tahu

Kejadian 11:5-6 

“Turunlah Tuhan untuk melihat…” penjelasan kalimat ini adalah salah satu cara penulis untuk menjelaskan bagaimana Tuhan menilik keberadaan umat-Nya. Ini merupakan cara pendekatan Tuhan yang sangat peduli dengan keberadaan ciptaan-Nya.

Kita yakin bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan umat-Nya dan mengetahui apa yang kita lakukan. Dalam keyakinan tentang ke-Mahakuasaan Tuhan, kita tahu bahwa tidak ada sesuatupun yang dilakukan tanpa diketahui-Nya.  Ayat ini menyatakan bagaimana Tuhan mencari tahu apa saja yang dibuat umat-Nya, ternyata Ia tidak berkenan apabila umat-Nya merancang sesuatu yang salah. Ia mempunyai hak untuk memberi hukuman sesuai kedaulatan-Nya apalagi rencana umat membangun kota dengan menara sebagai lambang kesom-bongan. Mereka tidak memperhitungkan Tuhan dalam peren-canaan karena rencana yang dimusyawarakan itu untuk kemegahan manusia.

Sebagai pribadi dan keluarga kita juga sering terpe-rangkap dengan rasa egois yang berlebihan sehingga orang lain tidak punya kesempatan. Keegoisan tanpa kendali membuat kita sombong, tinggi hati dan mengabaikan serta melecehkan orang lain.

Perenungan hari ini merupakan pengajaran dalam hidup untuk selalu sadar bahwa Tuhan tetap mencari, mengawal, dan mengetahui seluk beluk kehidupan kita termasuk kebiasaan buruk yang kita lakukan. Marilah kita berbuat yang terbaik dan berkenan kepada Tuhan, karena Dia Maha Tahu sehingga tak satupun yang kita buat lepas dari pengamatan-Nya.  Amin.

Doa: Ya Tuhan yang Maha Tahu, kawalilah jalan hidup keluarga kami agar selalu melakukan yang berkenan di mata-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here