RHK Rabu, 13 Agustus 2014

0
1164

Menguduskan nama Tuhan

Imamat 19:12

Kita sering mendengar orang berkata: ”demi Tuhan, aku tidak melakukannya”. ”Sumpah demi Tuhan, aku tidak mengambilnya”, dan sebagainya. Seringkali ini diucapkan secara spontan tanpa dipikirkan terlebih dahulu, apakah memang benar demikian atau tidak. Banyak orang menggunakan nama Tuhan untuk melindungi diri, menutupi kesalahan. Padahal salah satu dari sepuluh perintah adalah ”Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu, dengan sembarangan, sebab TUHAN akan memandang bersalah orang yang menyebut nama-Nya dengan sembarangan” (Keluaran 20:7). Jadi bersumpah dusta demi nama Tuhan, itu melanggar kekudusan nama Tuhan.

Orang Israel menggunakan beberapa nama yang diberikan bagi Allah, misalnya : El-Elyon (Allah Mahatinggi), El-Sadai (Allah Mahakuasa), El-Olam (Allah Kekal) dan El-Berit (Allah Perjanjian), dan lain-lain. Tetapi ada satu nama yang tidak bisa disebut yaitu YHWH (TUHAN), kecuali oleh imam besar. Ini harus dibaca Adonay (Tuhan) oleh umat.

Sebagai pribadi atau keluarga Kristen, kita perlu memelihara kekudusan nama Tuhandengan menggunakannya pada saat kita beribadah, berdoa dan memuji nama Tuhan. Berbarengan dengan itu, kita memelihara kekudusan hidup keluarga karena Allah kita adalah kudus (Imamat 19:2).Amin.

Doa: Ya Tuhan, ampunilah kami karena sering menggunakan nama-Mu secara sembarangan.Ajarilah kami untuk menggunakan nama-Mu denganrasa hormat. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here