RHK Rabu, 16 Juli 2014

0
1166

Menghormati Milik Orang Lain

Keluaran 22:5

Menanam anggur dan membuat kembun anggur merupakan bagian penting dari ekonomi  Israel. Pekerjaan inilah yang harus mereka lakukan, begitu mereka bermukim di Kanaan, tanah yang dijanjikan Tuhan kepada mereka. Dengan demikian kebun anggur menjadi penting bagi bangsa Israel, karena itu harus mendapatkan perlindungan dari berbagai ancaman. Seseorang yang sedang menggembalakan ternaknya dan membiarkan ternaknya memakan habis ladang orang lain, ia harus menggantinya dengan hasil terbaik dari kebun anggurnya sebagai ganti kerugian. Ini menjadi penting, agar kebun anggur terhindar dari pengrusakan dan para gembala tidak seenaknya membiarkan ternak gembalaan mereka.

Bagian Alkitab ini mengantar kita untuk memeriksa kehidupan kita, pribadi ataupun keluarga. Sudakah kita juga menghormati milik orang lain? Ataukah kita juga telah memperlakukan milik orang lain dengan tidak baik? Peraturan atau hukum adalah pemberian Tuhan bagi kita manusia. Itu berarti merusak milik orang lain, apakah itu kebun, tanaman atau harta termasuk kehidupan orang lain bertentangan dengan kehendak Tuhan. Tuhan menghendaki kita untuk menghormati milik orang lain yang adalah juga milik dan kepunyaan Tuhan.

Dalam keluarga, orangtua adalah guru bagi anak-anak dalam memberikan pendidikan dan pengajaran, supaya anak-anak menjadi orang yang menghormati dan menghargai orang lain. Kehidupan yang demikian adalah perwujudan dari sikap hormat kita kepada Tuhan yang mengaruniakan segala sesuatu kepada kita. Amin.

Doa:Ya Tuhan, berilah kami kemampuan untuk menghormati dan menghargai miliki orang lain. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here