RHK Rabu, 17 Februari 2016

0
1853

Belajar Dari Kesengsaraan

Ayub 36:8-10

Ada ungkapan: ”Segala sesuatu yang menyebabkan kegagalan dalam hidup, jadikan itu sebagai pembelajaran”. Memang berbicara tentang kesengsaraan yang melanda kehidupan manusia patutlah dijadikan pembelajaran agar tidak terulang lagi.

            Bacaan Alkitab kita hari ini berisi pembelajaran tentang orang yang benar ketika dibelenggu dengan rantai, tertangkap dalam tali kesengsaraan, berbuat pelanggaran, congkak dan kejahatan, Allah membukakan telinga bagi ajaran yang benar dan menyuruh mereka berbalik dari kejahatannya. Intinya, bagi orang benar pintu pertobatan selalu terbuka.

Kenyataannya, ada kesengsaraan yang merupakan ulah dari manusia. Untuk itu Tuhan Allah memperingatkan agar belajar dari kesengsaraannya. Artinya sesungguhnya perbuatan sendirilah yang menyebabkan kesengsaraan itu dialami. Jika kondisi itu dijadikan pembelajaran, maka mereka harus meninggalkan cara hidup yang jahat dan sombong untuk tidak mengulanginya.

            Kita sekeluarga tentu pernah mengalami penderitaan atau sengsara sebagai akibat dari perbuatan kita. Untuk itu, kita diingatkan agar menjadikan situasi itu sebagai pembe-lajaran dan berusaha untuk tidak mengulangi, melainkan hidup dalam kebenaran Tuhan. Amin.

Doa: Ya Tuhan, Ampunilah kami sebab sering kami melakuklan tindakan jahat yang menyebabkan kesengsaraan. Belajar dari pengalaman itu, kami mohon, baharuilah kami untuk hanya melakukan kehendak-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here