RHK Rabu, 19 Juni 2019

0
579

Keuntungan Hikmat

Amsal 3:15-16

Realitas  yang ada, dalam melakukan segala sesuatu manusia cenderung melihat  dan menilainya dari segi untung dan rugi. Siapapun kita pada prinsipnya tidak mau mengalami kerugian dari sebuah kerja.  Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan.

Bacaan Firman Tuhan hari  ini memperlihatkan sebuah harga atau keuntungan yang melebihi apapun ketika manusia mendapatkan hikmat Tuhan. Keuntungannya sangat besar dan lebih besar nilainya daripada permata. Keuntungan itu pertama-tama menunjuk pada umur panjang. Bagi masya-rakat Israel Kuno, fungsi “tangan kanan” lebih penting dari “tangan kiri”. Dengan demikian, hikmat memberi sesuatu yang paling penting, yaitu kehidupan itu sendiri, melalui umur yang panjang. Kemudian juga diberikanlah kekayaan dan kehormatan (di tangan kiri), meskipun hal-hal ini tidak sama penting dengan yang pertama tadi. Jadi tidaklah percuma seseorang memiliki hikmat Tuhan. Karena kehidupannya akan diisi dengan hal-hal yang baik yang berkenan pada Tuhan. Bukan saja sekedar memiliki umur panjang, tetapi hidupnya akan menunjukkan sebuah kualitas kehidupan iman yang sangat baik.

Sebagai keluarga Kristen, kita diajak memahami bahwa  betapa berharga dan pentingnya memiliki hikmat Tuhan. Dengan demikian kehidupan pribadi dan keluarga kita akan diberkati dengan umur panjang, kekayaan (materi, rohani, pengalaman, ilmu) dan kehormatan (jabatan, status sosial, kedudukan, dihargai). Di samping itu, kehidupan pribadi dan keluarga akan dituntun dan dibimbing pada jalan yang dikehendaki oleh Tuhan. Amin.

Doa: Ya Bapa, kiranya hikmat yang dari pada-Mu akan selalu menjadi dasar untuk berpikir dan bertindak dengan baik dalam kehidupan keluarga kami. Amin.