RHK Rabu, 20 April 2016

0
1526

Usaha yang Berhasil

Kejadian 8:10-14 

Nuh menunggu tujuh hari lagi, lalu melepaskan burung merpati untuk kedua kalinya dan burung itu pulang dengan membawa sehelai daun zaitun di paruhnya. Nuh menyadari bahwa air sudah mulai berkurang di atas bumi. Ia menunggu tujuh hari lagi, lalu melepaskan burung merpati untuk ketiga kalinya dan burung itu tidak kembali lagi sebagai tanda bahwa bumi telah menjadi kering. Ternyata Nuh sangat sabar dan terus mencoba  memastikan air telah kering dan ia berhasil.

            Keberhasilan yang gemilang tak didapat dengan cepat tanpa usaha yang berulang-ulang. Seorang tukang bangunan akan menjadi profesional dalam kerjanya setelah ia berulang-ulang membangun beberapa bangunan. Seorang ibu akan menjadi pembuat kue profesonal setelah ia berulang-ulang mencoba resep, sampai ia dapat membuat kue yang  enak dan menyehatkan. Demikian juga pendidikan iman Kristen dalam keluarga akan berhasil jika dilakukan berulang-ulang.

            Kesabaran dan ketekunan merupakan usaha yang pen-ting untuk mendapatkan hasil suatu pekerjaan. Pengalaman melakukan pekerjaan sebagai profesi yang kita tekuni pasti menjadi pelajaran berharga bagi pribadi atau keluarga. Siapakah yang tidak ingin sukses dalam karir, studi, pekerjaan sebagai petani, nelayan, tukang, abdi negara, dll? Untuk medapatkan itu tentu harus melalui usaha yang tekun dan sungguh-sungguh. Ada ungkapan: “Doakan apa yang kau kerjakan dan kerjakan apa yang kau doakan”, ini menunjukkan bahwa doa merupakan langkah pertama untuk memulaikan pekerjaan dan yang kita lakukan merupakan manifestasi/perwujudan dari doa. Amin. 

Doa: Ya Tuhan, kami bersyukur untuk segala berkat yang Kau berikan sebagai hasil dari usaha  pekerjaan yang kami lakukan. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here