RHK Rabu 23 Januari 2013

0
1283

Tenanglah, Jangan Takut, Ini Aku
Matius 14:26-27

Saudaraku yang dikasihi Tuhan

Cara Tuhan untuk menyelamatkan seseorang dalam kesulitan sering dengan cara yang tidak diduga. Yesus datang kepada para murid yang sedang panik karena terjangan badai, pada waktu dan cara yang tidak umum. Yesus datang jam tiga subuh dengan cara berjalan di atas air.

Bayangkan bahwa para murid mungkin berjuang semalaman suntuk di perahu dari terjangan ombak dan badai. Mungkin mereka menyadari bahwa Guru mereka tidak bersama mereka, sehingga mereka tidak dapat meminta tolong kepada-Nya. Pada saat gawat seperti itu dan pada waktu yang sungguh sulit dan tak terduga, mereka melihat sosok yang berjalan di atas air, sehingga mereka mengira bahwa itu adalah hantu (ay. 26). Namun, kemudian Yesus berkata kepada mereka, “Tenanglah! Aku ini, jangan takut!” (ay.27). Kata “tenang” atau “tharséô” (bahasa Yunani) sering dipakai Yesus ketika Dia menguatkan orang-orang sakit yang datang kepada-Nya. Bahkan Yesus mengatakan lebih lanjut, “Imanmu telah menyelamatkan engkau”.

Dari sini kita dapat belajar, bahwa dalam kondisi tanpa harap, kita dapat terus berharap kepada Yesus. Yang diperlukan adalah kepercayaan bahwa Yesus akan membantu kita, dan tidak akan pernah membiarkan kita untuk menghadapi permasalahan hidup sendirian. Kata “tharséô” juga digunakan oleh Yesus ketika Dia mengatakan kepada para murid bahwa jangan sampai mereka takut kalau terjadi penganiayaan di dunia ini (lih. Yohanes 16:33); serta dipakai ketika Yesus mengatakan kepada Rasul Paulus agar jangan takut untuk bersaksi (lih. Kis 23:11). Ini berarit dalam menghadapi masalah kehidupan, masalah kesehatan, dan juga masalah-masalah dalam kehidupan keluarga, kita harus terus bersandar pada Yesus, sehingga Yesus dapat terus memberikan kekuatan. Kita harus senantiasa mengingat perkataan Yesus, tenanglah  jangan takut, ini Aku! Amin.

Doa: Ya Tuhan, jadikanlah kami sebagai umat-Mu yang tidak pernah meragukan apa yang Engkau nampakkan dalam kehidupan kami. Biarlah kami menghilangkan rasa kurang yakin kami atas apa yang selalu Engkau tunjukkan bagi kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here