RHK Rabu, 24 Oktober 2018

0
756

Gunakan Media dengan Cara yang Tepat

 Yesaya 28:27

Alat atau media menjadi sarana yang sangat berguna dalam melakukan sesuatu. Asalkan digunakan sesuai dengan fungsi atau kebutuhan. Demikian halnya dengan seorang petani, untuk mendapatkan hasil panen yang terbaik maka ia menggunakan berbagai alat atau media disesuaikan dengan jenis biji-bijian. Jintan hitam tidak diirik dengan eretan pengirik tetapi memukul-mukulnya dengan galah. Roda gerobak tidak dipakai untuk menggiling jintan putih melainkan dengan tongkat.

Penggunaan media yang tepat akan mempengaruhi kualitas hasil panen. Jika alat yang digunakan tidak tepat maka akan merusak hasil panen tersebut.

Keluarga kristen yang dikasihi Tuhan, penggunaan alat/media ini dapat kita bandingkan dengan penggunaan gadget. Di satu pihak jika digunakan sebagai sarana untuk memperluas wawasan, menambah pengetahuan, membangun komunikasi yang efektif maka akan sangat membantu kegiatan kita. Sebab tak dapat kita pungkiri hidup kita di era ini tak dapat dilepaskannya darinya. Namun gadget hanya akan dapat berfungsi optimal kalau diperlakukan sebagai alat. Bukannya memperalat atau memperdaya kita sehingga tak dapat lagi melakukan aktivitas yang lain selain terus berada di dunia maya.

Melalui perenungan ini ibu dan bapa Kristen kiranya terus-menerus mengajarkan dengan contoh yang terbaik kepada anak-anak kita supaya tidak diperbudak oleh media sosial atau game on line dan menggunakan gadget dengan tepat, serta pada tempatnya. Misalnya ketika sementara berdoa, mendengar khot-bah, bercakap-cakap dengan orang lain janganlah sibuk dengan gadget kita. Gunakanlah sesuai dengan fungsinya dan pada tempatnya. Amin.

 

Doa:Tuhan Yesus kami bersyukur dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, hidup kami semakin dimudahkan, sehingga segala aktivitas boleh berlangsung dengan baik. Bermohonlah kami agar juga dapat memanfaatkan media ini dengan cara yang tepat. Amin.