RHK Rabu, 25 Februari 2015

0
2011

Mengikuti Jejak Tuhan

1 Petrus 2:21 

Kenyataan bahwa orang percaya di segala abad dan tempat selalu menghadapi penderitaan harus dicermati dan dilihat sebagai bagian dari rencana Allah yang mendatangkan kebaikan. Jemaat alamat surat Petrus sendiri berada dalam kondisi menderita karena iman mereka. Kekaisaran Romawi dan orang-orang Yahudi menganggap orang Kristen sebagai musuh negara dan bidat yang harus dihancurkan. Lewat surat Petrus, penulis membawa jemaat pada ingatan akan apa yang Yesus sendiri alami, yaitu bahwa Dia menderita sengsara. Kenyataan bahwa Yesus menderita seharusnya menguatkan jemaat untuk tetap kuat menghadapi penderitaan karena iman mereka.

Sungguh mengherankan bahwa kita semua memang dipanggil untuk menderita bagi Yesus Kristus. Namun itulah arti dari menjadi Kristen, yaitu berani menderita untuk Tuhan. Tujuan hidup ini dengan jelas tercermin dalam berita Alkitab mulai dari Perjanjian Lama sampai Perjanjian Baru. Tuhan Yesus pernah berkata: “Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, atau seorang hamba dari pada tuannya.” (Mat. 10:24). Hal ini dikatakan-Nya dalam hubungan dengan penderitaan dan penganiayaan yang harus Ia tanggung. Maksudnya adalah bahwa kalau Yesus menderita, maka orang-orang yang mengikuti-Nya harus siap menderita juga.

Kita diingatkan untuk meneladani apa yang Yesus lakukan. Sekalipun menderita, kita harus menjaga iman dalam kesetiaan. Amin. 

Doa: Tuhan Yesus, mampukan kami untuk hidup sama seperti Engkau hidup. Berikan kami kekuatan untuk tetap setia menjaga iman kami dan berdiri tegak di atas penderitaan. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here