RHK Rabu, 26 Juni 2019

0
517

Menciptakan Hubungan yang Baik

Hakim-Hakim 4:11

Demi kehidupan yang layak, dan  meraih cita-cita banyak orang rela meninggalkan kampung halaman dan berpindah ke daerah atau kota lain. Ini terjadi ketika anak akan sekolah lanjut ke SMA dan Perguruan Tinggi maka ia harus ke kota dan tinggal di sana untuk sekolah. Ada juga karena tugas, kerja dan pelayanan, mengharuskan seseorang tinggal berjauhan dengan keluarga dan komunitasnya.

Bacaan Firman Tuhan hari ini, berpindah tempat atau lokasi demi kehidupan yang baik, hal ini juga menjadi gaya hidup orang Israel dan suku-suku lain, disebut sebagai pengembara/berpindah-pindah atau nomaden. Di antara suku Israel ada orang Keni yang tinggal di Kedesh di daerah Naftali dekat dengan Barak. Orang Keni adalah keturunan Hobab ipar Musa (Hak.1:15), dan keluarga Heber  suami Yael punya hubungan baik dengan Yabin raja Hazor. Orang-orang Kenipun punya keahlian membuat besi patok/pasak untuk kemah. Keberadaan mereka yang berdekatan dengan Israel dan orang Kanaan, menjadikan keluarga Heber pada posisi  tengah/netral dan politik bebas. Keluarga Heber tidak ditindas oleh Yabin karena punya relasi yang baik. Heber dan keluarganya hanya berkemah dan beraktifitas di pohon Tarbantin di Zaanaim karena telah memisahkan diri dari suku Keni itu sendiri. Keluarga ini bukanlah orang Israel tetapi mereka menjadi saksi dengan melihat perlakuan kejam orang Kanaan terhadap Israel.

Sebagai Keluarga Kristen, ketika kita hidup dan tinggal di manapun, haruslah seperti Heber dan Yael orang Keni  yang selalu membangun hubungan baik dengan siapapun. Kita perlu memberi contoh yang baik dalam menjaga hubungan dengan orang lain, seperti: saling membantu, menopang, dan  mendoakan. Kehidupan  yang harmonis dalam bertetangga harus kita ciptakan dan lestarikan sebagai ciri khas keluarga Kristen. Dengan demikian, maka identitas dan kualitas kekristenan kita harus nampak dalam setiap aktifitas hidup. Amin.

Doa: Ya Tuhan Yesus, tolonglah keluarga kami untuk boleh jadi berkat bagi siapapun. Berkati kami dalam hidup bertetangga dengan orang lain. Amin.