RHK Rabu, 3 September 2014

0
1128

Memegahkan Diri dan Congkak adalah Salah

Yakobus 4 : 16

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada orang yang memiliki sifat dan prilaku yang memegahkan diri dan congkak. Biasanya tabiat ini diawali oleh rasa percaya diri dan pengandalan diri secara berlebihan. Pada prinsipnya tabiat ini mendorong orang untuk memandang rendah orang lain, merasa diri lebih baik dan benar, tertutup bagi orang lain , mementingkan diri sendiri, mengabaikan prinsip kebersamaan, dan sebagainya. Sifat/tabiat ini biasanya akan memunculkan reaksi penolakan dari orang lain. Oleh sebab itu  jelas yang merugikan diri sendiri.

Dari sudut pandang Kristen tabiat ini adalah salah. Oleh sebab itu secara tegas Yakobus mengecamnya. Kecaman ini terutama dilontarkan bagi pengusaha/pedagang Kristen yang terlalu percaya diri (PD) pada kemampuan manusiawinya dan cenderung mengabaikan Tuhan. Itu berarti terhisap di dalamnya mengabaikan sesama. Bagi Yakobus sifat dan tabiat tersebut adalah kesalahan besar dalam perwujudan iman Kristen, sebab Allah menghendaki umatnya rendah hati, penuh ketulusan dan menghargai nilai kebersamaan, dan hanya dalam kerendahan hati serta menghargai nilai kebersamaanlah (baik dengan Tuhan maupun dengan sesama) orang dapat berhasil dalam hidup termasuk setiap usahanya.

Dengan demikian setiap keluarga Kristen berkewajiban untuk saling merendahkan diri, penuh ketulusan, menghargai dan menghormati nilai kebersamaan serta menjauhkan diri dari sifat yang memegahkan diri dan sombong, sebagai modal untuk berhasil dalam hidup dan usaha. Amin.

Doa:Ya Allah kami dalam Kristus tolonglah kami untuk mewujudkan kerendahan hati, penuh ketulusan serta menghargai dan menghormati kebersamaan mulai dari keluarga kami seterusnya dalam lingkup jemaat dan masyarakat, agar kami terhindar dari sifat dan sikap yang memegahkan diri dan sombong, sebab kami tahu sifat dan sikap ini menuju kebinasaan. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here