RHK Rabu, 30 September 2015

0
2314

Yesuslah yang Memberi Identitas sebagai Terang Dunia

Matius 5:14a

Setiap orang memiliki identitas yang dapat dikenali oleh orang lain. Identitas dapat mencakup nama, tempat, tanggal  lahir, alamat, dan sebagainya. Sebuah identitas menjadi pen-ting pula dalam berbagai pengurusan administrasi di gereja atau masyarakat. Dengan identitas yang dimiliki, yang biasa-nya tercantum dalam KTP atau tanda pengenal resmi lainnya, seorang yang berpergian ke tempat lain tidak perlu takut dicurigai atau disangka sebagai orang yang tidak jelas asal-usul atau keberadaannya.

Dalam pengertian rohani, Yesus memberi kepastian tentang identitas atau jati diri pengikut-Nya dengan menyebut kita sebagai terang dunia. Yesus mengucapkannya tidak se-tengah-setengah. Ia sungguh yakin bahwa kita dapat mengem-ban tanggung jawab dari identitas pemberian-Nya itu. Sebalik-nya janganlah kita membawa “kegelapan” yang dapat mem-buat diri sendiri, sesama atau anggota keluarga dan orang lain tersandung karena sikap kita. Karena kegelapan, hanya akan membuat kita berjalan tanpa arah dan tujuan, bahkan bisa saja tersesat.

Sebab itu mari kita saling menuntun pada jalan terang Tuhan. Niscaya, Ia akan menolong kita, dan kita pun dijauh-kan dari anggapan: Kristen KTP!  Amin.

Doa: Ya Tuhan Yesus yang telah memberi kami identitas sebagai terang dunia, Engkaulah Terang yang abadi, yang memperkenankan kami hidup dan dan beraktifitas di hari ini, Berkatilah persekutuan keluarga kami yang diberi tanggung jawab menjadi terang yang memancarkan cahaya kasih Kristus, dimanapun kami pergi dan berada. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here