RHK Rabu, 7 Oktober 2015

0
2442

Mendengar Firman dan Tanamkan Dalam Hati

Yakobus 1:19-21

          Setiap manusia diberikan Tuhan panca indra termasuk di dalamnya telinga untuk mendengar, kalaupun tidak men-dengar meski memiliki telinga, disebabkan oleh suatu penyakit yang menggangu alat pendengaran. Tentu harus meng-gunakan bahasa isyarat sebagai pengganti pendengaran. Namun jika memiliki pendengaran yang jelas, lalu tidak mendengar apa yang dibicarakan, maka itu namanya pura-pura tidak mendengar.

          Pembacaan Alkitab kita hari ini mengedepankan ten-tang nasihat Yakobus kepada sidang pembaca/orang Kristen berlatarbelakang Yahudi yang hidup di luar tanah asal mereka, yaitu duabelas suku di perantauan. Mereka diper-hadapkan pada pencobaan dan ujian iman dari para pengajar sesat, untuk melakukan kejahatan yaitu berpaling dari Firman kebenaran yang diajarkan. Padahal apa yang mereka pahami dari Firman kebenaran tidak dapat ditukarkan atau menjadi sama dengan cemarnya kekotoran dosa. Oleh sebab itu Yakobus menasihati agar mereka membuang segala bentuk tindakan kotor dan kejahatan serta menempatkan Firman Allah yang didengar tertanam dalam hati. Sebab hati manusia adalah lahan yang lembut dan subur untuk ditanami oleh Firman Allah, dan sebagai awal/kelahiran dan pertumbuhan baru yang berakar dari Firman Allah, sehingga berbuah dalam kebenaran, yang menyelamatkan kehidupan.

          Sebagai keluarga kita diajak mendengar Firman dan menanamnya dalam hati. Supaya kehidupan kita  bertumbuh subur dalam pembaharuan menurut kehendak Allah,dan kokoh berdiri dalam iman kepada Kristus, di tengah-tengah ancaman kejahatan dunia. Amin. 

Doa:  Ya Tuhan, relakanlah hati kami untuk suka mendengar Firman-Mu, dan tanamkanlah itu dalam hati kami.  Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here