RHK Sabtu, 13 Agustus 2016

0
1574

Duka Berlalu Diganti Sukacita Abadi

 Yesaya 35:9,10

            Akan pulang dan masuk ke Sion dengan sorak-sorai adalah sebuah janji atau jaminan firman Tuhan bagi umat Israel yang dibebaskan dan diselamatkan-Nya. Mereka akan kembali ke Yehuda dan mendapatkan kembali identitas mereka sebagai umat Allah. Keadaan yang kehilangan pengharapan ketika masih dalam penjajahan bangsa asing, akan diubahkan menjadi sorak-sorai dan sukacita abadi, saat umat kembali ke Sion.

            Sion yang juga disebut Yerusalem adalah simbol pemerintahan Allah atau tempat kediaman Allah, dimana tabut Allah diletakkan dalam Bait Allah. Tempat itu dianggap suci dan di sanalah disebutkan bahwa umat yang kudus itu dapat berjumpa dengan Allah, yang membebaskan dan menyelamatkan mereka. Dengan demikian, maka umat akan ada dalam ketentraman dan ketenangan karena keselamatan yang dari Allah. Mereka tidak lagi berduka karena sengsara, tapi bersukacita karena kasih setia Allah.

            Kita keluarga yang diberkati, terajak untuk hidup melakukan segala sesuatu yang diinginkan Tuhan Yesus, yaitu saling mengasihi, hidup damai, mengampuni dan menjauhkan diri dari segala perilaku yang tidak disukai Allah, di antaranya suka meremehkan orang, suka memperbudak orang lain, mencari pertolongan pada kuasa di luar Tuhan. Bila yang tidak benar itu kita hindari, maka kita dapat terbebas dari belenggu dosa yang mendukacitakan. Sebaliknya, melakukan apa yang benar, mengantar kita pada keselamatan Allah yang menghidupkan dan memberi sukacita abadi. Amin.

Doa: Tuhan Allah, terima kasih atas pengajaran firman hari ini. Tolong kami untuk menjauhkan diri dari perilaku dosa yang mendukakan hati Tuhan dan sesama, serta mampukan kami untuk melakukan apa yang Engkau mau; supaya kami memiliki sukacita abadi karena keselamatan kekal yang daripada-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here