RHK Sabtu, 16 Januari 2016

0
1577

Nila Setitik Merusak Susu Sebelanga

Yakobus 2:10-11

Nila sebenarnya adalah nama warna yang disebut juga indigo, warna yang terletak di antara biru dan violet. Ungkapan peribahasa yang mengatakan “nila setitik merusak susu sebelanga” yang berarti hanya karena kesalahan kecil yang nampak tiada artinya seluruh persoalan menjadi kacau dan berantakan. Memang nila setitik nampak tidak akan berpengaruh tetapi bila dicampur ke dalam susu, warna yang kontras antara keduanya akan bercampur dan berbaur tak terpisahkan. Itulah sebabnya susu yang berwarna putih akan hilang kemurnian warnanya bila bercampur dengan warna nila yang mencolok.

Pada bagian firman Tuhan ini kita diingatkan bahwa sebuah tindakan pelanggaran walaupun kecil saja akan merusak dan mengotori kemurnian seluruh peraturan yang sudah dijalankan.

Oleh sebab itu ketika kita memasuki tahun baru 2016, melalui bagian firman ini keluarga Kristen diingatkan bahwa kekudusan hidup orang percaya harus teralami dan dilakukan secara utuh, artinya antara pikiran, perasaan, perbuatan dan tindakan harus ada kesamaan. Melalaikan salah satu berarti merusak seluruh yang sudah dikerjakan. Kita diingatkan supaya perilaku kita sebagai keluarga Kristen dapat nampak di mana saja. Dimana kita hadir di situ berkat dapat dilihat dan dirasakan. Perilaku benar dan takut akan Tuhan tidak sebatas pada lingkungan gereja melainkan dalam lingkungan hidup dan aktifitas setiap hari. Amin.

Doa: ya Tuhan jadikanlah kami berkat dimanapun kami berada dengan bertindak dan berkata jujur, adil dan benar sesuai dengan kehendak firman-Mu. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here