RHK Sabtu, 18 Juli 2015

0
1819

Perlengkapan Senjata Allah

Efesus 6:13-18a

Bacaan kita hari ini berbicara tentang perlengkapan persenjataan rohani. Yang pertama ialah “ikat pinggang kebenaran.” Ikat pinggang itu sebenarnya melekat pada seragam dan sekaligus tempat menyandangkan pedang; dengan demikian prajurit itu bebas bergerak. Tetapi orang-orang Kristen akan bergerak secara bebas dan cepat karena mereka tidak ragu lagi akan kebenaran yang ada pada dirinya.

Kedua, “Berbajuzirahkan keadilan.” Orang yang berbajuzirahkan keadilan tentu kebal terhadap serangan-serangan yang menimpanya. Tutur kata saja tak dapat menahan tuduhan-tuduhan yang dilontarkan atas diri kita; tetapi kehidupan yang baik tentu mampu menangkis tuduhan-tuduhan itu. Ketiga, “kasut kaki.” Kasut kaki atau sandal adalah perlengkapan yang dipakai oleh orang yang siap bergerak. Salah satu ciri Kristen ialah ia bersedia bergerak dan rela untuk memberitakan Injil, terutama kepada mereka yang belum pernah mendengarnya.

Keempat, “perisai.” Salah satu senjata yang sangat membahayakan dalam perang zaman dulu ialah anak-anak panah yang tajam dan berapi. Anak-anak panah itu dibidikkan setelah terlebih dulu dicelupkan ke dalam “ter” panas. Ujung anak panah yang panas itu akan dinyalakan sebelum dilepas dari busurnya. Perisai berukuran besar itu terdiri dari dua lapis kayu, yang direkatkan satu pada yang lain. Anak panah yang menyala itu akan segera padam jika menimpa perisai itu. Pencobaan-pencobaan atas iman kita adalah ibarat anak-anak panah, untuk itu pula kita butuh perisai yaitu iman yang besar sebagai perlengkapan rohani menangkis berbagai cobaan hidup. Menurut Paulus, iman adalah keyakinan penuh kepada Kristus.

Biarlah kita sebagai keluarga tetap berdasarkan pada Firman Allah sebagai senjata kita melawan berbagai kuasa jahat dunia ini. Amin.

Doa: Ya Tuhan, mampukan kami menghadapi segala kuasa jahat dengan mempergunakan senjata rohani yang Engkau anugerahkan kepada kami. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here