RHK Sabtu, 2 Juli 2016

0
1565

Hidup Melakukan Firman Tuhan

 Filipi 4:9

          Orang Kristen yang sejati akan dikenal bukan dari kata-katanya yang indah maupun dari rencana-rencananya yang besar. Mereka akan dikenal dari perbuatan nyata mereka. Sesudah menasihati jemaat Filipi berkenaan dengan pergumulan mereka dan apa yang harus mereka lakukan, Rasul Paulus menutup bagian nasihat-nasihat ini dengan mendorong jemaat melakukan apa yang telah mereka pelajari, yang telah mereka terima, yang telah mereka dengar, dan lihat dari Paulus. Di sinilah letak kualitas orang percaya, yakni mereka yang bukan hanya mendengar tetapi yang melakukan firman Tuhan. Tuhan Yesus dalam khotbah di bukit mengatakan, “Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu” (Matius 7:24). Tuhan Yesus pun sangat menekankan penerapan firman dalam hidup orang percaya dan bukan sekedar sampai pada mendengar firman. Hal ini ditegaskan kembali oleh Rasul Paulus. Yang mengagumkan adalah bahwa Rasul Paulus bukanlah seseorang yang asal berbicara dan memerintah. Rasul Paulus adalah seseorang yang memberikan teladan, sebab ia berbicara dan meminta jemaat melakukan apa yang sudah ter-lebih dahulu dilakukannya. Ini membuat Rasul Paulus memiliki otoritas atas hidup jemaat karena ia menjadi teladan.

          Hidup keluarga Kristen juga harus mencirikan hal-hal tersebut: hidup menjadi teladan dalam melakukan firman Tuhan. Amin. 

Doa: Ya Tuhan, firman-Mu adalah suluh dan pedoman hidup kami dan kami mau melakukannya dalam hidup. Tolonglah kami, ya Roh Kudus. Amin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here