RHK Sabtu, 27 Oktober 2018

0
765

Meneladani Kebijaksanaan Tuhan

Yesaya 28:29

Keputusan  Tuhan  itu ajaib. Ia memiliki rancangan yang tepat bagi umat-Nya. Tidak untuk selama-lamanya Ia meng-hukum. Kasih setia Tuhan bagi umat pilihan dinampakkan dalam kebijaksanaan-Nya. Tuhan mempunyai waktu yang tepat untuk menolong. Ia pun memiliki tempat yang tepat untuk menyatakan kasih setia-Nya. Digunakan-Nya berbagai macam cara mengingatkan umat-Nya. Tidak dibiarkan umat untuk terus menerus mengalami penderitaan.

Nabi Yesaya memuji dan mengagungkan kebijaksanaan Tuhan yang telah terbukti dalam perjalanan kehidupan umat Israel ini. Inilah yang mendorong umat untuk terus percaya kendati berada dalam kondisi kehidupan yang sulit.

Tindakan Tuhan yang bijaksana dengan menggunakan waktu, tempat, alat dan batasan yang tepat, menjadi contoh bagi kita dalam bertindak. Setiap tindakan yang dilakukan harus direnung dan dikaji dengan bijak, apakah ini waktu dan tempat yang tepat, cara atau alat dan batasan yang tepat? Apakah tindakan membawa manfaat bagi kita maupun bagi orang lain? Jika ya lakukanlah dengan baik, namun jika tidak berhentilah untuk melakukannya.

Keluarga yang dikasihi Tuhan, sikap ini membuat kita arif dalam mengambil keputusan. Sebab bukan semua yang kita lakukan bermanfaat dan berdaya guna. Adalah bijak kalau kita memulai dengan doa sebelum mengambil kepu-tusan, supaya tidak salah melangkah.

Demikian juga dengan penggunaan gadget di era digital ini. Kitalah yang harus mengatur waktunya, tempatnya dan kapan berhentinya. Komitmen menggunakan alat-alat elek-tronik harus dilakukan dengan disiplin. Bukan semau-maunya. Akibatnya kita akan kecanduan untuk terus menerus meng-gunakannya. Mintalah Tuhan menolong kita dan nasehatilah anak-anak kita untuk tahu waktu dan tempat dalam menggunakan gadget. Tuhan pasti menolong. Amin.

 

Doa:Tuhan terima kasih Engkau memberikan segala peralatan yang baik untuk memudahkan hidup kami. Tolonglah kami untuk menggunakan dengan bijak. Amin.